PENERAPAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH GUGUS KECAMATAN GANDUS KOTA PALEMBANG

Herniarlaili, Herniarlaili (2020) PENERAPAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH GUGUS KECAMATAN GANDUS KOTA PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER (15).pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I DAN II (1).pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 (13).pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penerapan manajemen pembelajaran merupakan seluruh tindakan yang dilakukan oleh guru agar pembelajaran berjalan seefektif mungkin dari satu aktivitas ke aktivitas yang lainya, dari awal sampai berakhirnya pembelajaran. Manajemen pembelajaran sangat mendukung ketercapaian tujuan pendidikan, berkualitas tidaknya proses pembelajaran di madrasah tergantung dengan manajemen pembelajaran yang dipersiapkan guru yang akan mengajar, manajemen yang baik akan mempermudah guru dalam pencapaian tujuan yang ingin dicapai. Guru harus menerapkan manajemen pembelajaran yang meliputi merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi. Namun dewasa ini masih banyak guru yang mengajar tidak mempersiapkan perangkat pembelajaran dan tidak mempedomani rencana pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan persoalan tersebut maka penelitian ini dilakukan. Masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan manajemen pembelajaran, dan upaya apa sajakah yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan manajemen pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Gugus Kecamatan Gandus Kota Palembang.Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui penerapan manajemen pembelajaran, upaya upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan manajemen pembelajaran, selanjutnya manfaat secara teoritis penelitian ini dapat menjelaskan tentang penerapan manajemen pembelajaran pada mata pelajaran agama Islam dan upaya upaya yang dilakukan kepala madarasah dalam penerapan manajemen pembelajaran. Sedangkan secara praktis hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi kepala madrasah, guru serta pelaku pendidik lainya dalam menerapkan manajemen pembelajaran di madrasah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, penelitian yang dilakukan pada Madrasah ibtidaiyah gugus kecamatan Gandus kota Palembang jenis data yang digunakan adalah kulitatif, dan data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data yang valid maka dilakukan trianggulasi sumber data, analisa data menggunakan pendekatan kulitatif. Penerapan manajemen pembelajaran di Madrasah ibtidaiyah gugus kecamatan Gandus kota Palembang berdasarkan hasil penelitian, guru sudah menerapkan manajemen pembelajaran dengan baik. ini dapat dilihat dari perencanaan pembelajaran yang telah disusun oleh guru, silabus program tahunan, program semester dan rencana pelaksanaan pembelajaran telah disusun dan disiapkan dengan lengkap, standar kompetensi, kompetensi dasar, indicator standar isi dan alokasi waktu sudah sesuai dengan petunjuk dari permen diknas no 19 tahun 2005. dua orang telah berpedoman pada persiapan yang telah disusun sebelumnya atau dengan kata lain guru sudah melaksanakan poin poin yang tertulis di dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Ada satu orang guru belum sepenuhnya menerapkan rencana pelaksanaan pembelajaran terutama pada unsur metode pembelajaran. Pada poin penilaian. dua orang guru membuat kisi-kisi dan kartu soal serta melakukan analisis hasil belajar. Upaya upaya yang dilakukan kepala Madrasah Ibtidaiyah di Gugus Kecamatan Gandus Kota Palembang dalam meningkatkan manajemen pembelajaran antara lain: Mengirim guru untuk mengikuti penataran, mengarahkan guru untuk menyusun perangkat pembelajaran setiap awal tahun pembelajaran, mengadakan supervisi kelas dan observasi terhadap guru yang mengajar, dan meningkatkan saranprasana belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:00
Last Modified: 15 Jan 2020 07:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5663

Actions (login required)

View Item View Item