PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENSE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MIN I KOTA PALEMBANG

FIRDAYA, ALYSSA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENSE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MIN I KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentense Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MIN 1 Kota Palembang”. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya penerapan keterampilan menulis oleh guru di kelas dan pentingnya menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan bervariasi yang membuat siswa lebih aktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh model pembelajaran concept sentense terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MIN 1 Kota Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode PreExperimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Postest design. Populasinya berjumlah 120 siswa kelas V di MIN 1 Kota Palembang. Sampelnya adalah siswa kelas VC sebanyak 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus TSR dan uji tes “t”. Hasil penelitian ini yaitu: keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MIN 1 Kota Palembang sebelum menggunakan model pembelajaran concept sentense tergolong rendah, hal itu bisa dilihat dari perolehan nilai mean yakni 65,45. Sedangkan sesudah menerapkan model pembelajaran concept sentense tergolong tinggi, hal itu bisa dilihat dari perolehan nilai mean yakni 76,85. Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran concept sentense terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MIN 1 Kota Palembang terlihat lebih baik, hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji ‘t’ jika ttabel atau 2,09<7,59>2,89 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran concept sentense terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MIN 1 Kota Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran concept sentense keterampilan menulis cerita pendek
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:46
Last Modified: 15 Jan 2020 07:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5671

Actions (login required)

View Item View Item