NURLELA, NURLELA (2019) PELAKSANAAN KURIKULUM PAI DI SMP LTI IGM PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
2. BAB I.docx Download (50kB) |
|
Text
6. BAB V.docx Download (25kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurikulum PAI yang memiliki kedudukan penting dalam membentuk kepribadian seseorang. Oleh sebab itu kurikulum PAI perlu dikelola dengan baik dalam pelaksanaannya. Pada kenyataannya dalam pelaksanaan kurikulum PAI mengadakan program pembiasaan terkait kurikulum PAI seperti tradisi bersalaman, shalat dhuha, shalat wajib berjamaah, infaq, sedekah ke panti asuhan. Selain itu, di SMP LTI IGM Palembang memuat Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), Bahasa Arab dan Imtaq dalam kurikulum plus. Kemudian adanya siswa berprestasi dalam Tilawatil Qur’an Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan kurikulum PAI di SMP LTI IGM Palembang dan faktor pendukung serta penghambatnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekoah bidang kurikulum dan guru PAI. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman yang meliputi kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pelaksanaan kurikulum PAI di SMP LTI IGM Palembangmeliputi kegiatan penyusunan rencana dan program pembelajaran (silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran/RPP), penjabaran materi (kedalaman dan keluasan), penentuan strategi dan metode pembelajaran, penyediaan sumber, alat dan sarana pembelajaran, penentuan cara dan alat penilaian proses dan hasil belajar dan setting lingkungan belajar. Dalam menyusun rencana dan program pembelajaran, pihak SMP LTI IGM Palembang mengadakan workshop pembuatan perangkat pembelajaran. Kegiatan tersebut melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan guru-guru terutama guru PAI yang menyusun RPP PAI. Kegiatan workshop tersebut diadakan satu kali per tahun ajaran baru. Kemudian penyediaan sumber, alat dan sarana pembelajaran di SMP LTI IGM Palembang telah diadakan dengan lengkap dan sangat menunjag proses pembelajaran serta menunjang tercapainya tujuan pembelajaran, pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas terkesan tidak membosankan. Setting lingkungan pembelajaran juga sangat rapi dan bersih, juga menunjang keberhasilan pembelajaran. (2) faktor pendukung pelaksanaan kurikulum PAI adalah sarana, guru dan peserta didiknya. Sedangkan untuk faktor penghambat adalah guru yang sakit atau siswa yang malas. Berdasarkan hasil analisis data penelitian mengenai manajemen kurikulum mata pelajaran PAI dapat disimpulkan bahwa prosedur pelaksanaan kurikulum PAI yang baik telah dilaksanakan di SMP LTI IGM Palembang. Faktor yang mendukungnya adalah sarana dan prasarana, guru dan pesereta didiknya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah jika terdapat siswa yang sakit ataupun malas. Dengan demikian sekolah perlu mempertahankan kualitas pengelolaannya dan meningkatkan kualitas pengelolaannya, sehingga manajemen kurikulum selanjutnya akan lebih baik dari sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KURIKULUM PAI |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 09:38 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 09:38 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5682 |
Actions (login required)
View Item |