HOIDIR, FURKON (2020) PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK, MOTIVASI KERJA GURU DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMP ISLAM TEPADU BINA INSANI KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
full baru.pdf Download (311kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini adalah tentang pengaruh kontribusi persepsi guru tentang kompetensi pedagogik, motivasi kerjas dan sarana prasarana terhadap Kualitas Pembelajaran diSMP Islam Terpadu Bina Insani Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Tujuan penelitian ini pada dasarnya berupaya mencari tahu atau jawaban rumusan masalah. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut.(1) Untuk menganalisis Bagaimana Persepsi guru tentang kompetensi pedagogik terhadap kualitas pemebelajaran di SMP Islam Terpadu Bina Insani Kecamatan Kayuagung Kabuapten Ogan Komering Ilir (2) Untuk menganalisis Bagaimana motivasi kerja guru terhadap kualitas pemebelajaran di SMP Islam Terpadu Bina Insani Kecamatan Kayuagung Kabuapten Ogan Komering Ilir (3)Untuk menganalisis Bagaimana sarana prasarana terhadap kualitas pemebelajaran di SMP Islam Terpadu Bina Insani Kecamatan Kayuagung Kabuapten Ogan Komering Ilir (4) Untuk menganalisis Apakah terdapat kontribusi Persepsi guru tentang kompetensi pedagogik, motivasi kerja, dan sarana prasarana secara bersama-sama terhadap kualitas pembelajaran di SMP Islam Terpadu Bina Insani Kecamatan Kayuagung Kabuapten Ogan Komering Ilir Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Terpadu Bina Insani Kayuagung. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMP Islam Terpadu Bina Insani Kayuagung OKI dengan jumlah guru 23 orang. Penelitian ini menggunakan analisis korelasional dan regresi. Hasil peneltian ditemukan bahwa besarnya pengaruh secara simultan antara persepsi guru tentang kompetensi pedagogik (X1) dan motivasi kerja guru (x2) serta saraba prasarana (x3) terhadap kualitas pembelajaran (Y) sebesar 0,827 tergolong kuat. Sedangkan kontribusi secara bersama-sama variabel x1, x2, x3 terhadap y = R2 X 100% atau 0,8272 x 100% = 68,4% dan sisanya 31,6% ditentukan oleh variabel lain. Kemudian mengenai naik turunya atau besar kecilnya kualitas pembelajaran dapat diprediksi melalui persamaann regresi : y = 5,986 + 0,275 X1 + 0,278 X2 +0,335 X3. Hasil penelitian ini dapat ditarik sub kesimpulasn sebagai berikut (1) besarnya pengaruh variabel persepsi guru tentang kompetensi pedagogik terhadap kualitas pembelajaran adalah 0,655 sedangkan kontribusi variabel x1 terhadap Y sebesar 42,9% kemudian sisanya 57,1% ditentukan oleh variabel lain (2) besarnya pengaruh variabel motivasi kerja guru terhadap kualitas pembelajaran adalah 0,649 sedangkan kontribusi variabel x2 terhadap Y sebesar 42,12% kemudian sisanya 57,88% ditentukan oleh variabel lain (3) besarnya pengaruh variabel sarana prasarana terhadap kualitas pembelajaran adalah 0,652 sedangkan kontribusi variabel x3 terhadap Y sebesar 42,51 % kemudian sisanya 57,49% ditentukan oleh variabel lain Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka disaran sebagai berikut Adanya berbagai kekurangan serta keterbatasan dari hasil peneliian ini, maka penulis memberikan saran sebagai berikut: (1) Bagi guru diharapkan hasil penelitian ini menjadi introspeksi dalam meningkatkan motiviasi untuk lebih mengoptimalkan kinerjanya, sehingga dapat menghasilkan kualitas pembelajaran yang baik. (2) Bagi kepala sekolah diharapkan lebih giat dalam memberdayakan semangat dan kemampuan guru melaksanakan tugas pokoknya di sekolah, serta meningkatkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh guru dalam mengajar.(3) Bagi kepala dinas pendidikan diharapkan merumuskan kebijakan dalam mengelola dan memperdayakan guru, kepala sekolah, pengawas dan pihak lain yang terkait, yang salah satunya dengan sarana dan prasarana sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (S2) TH.2016 |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 16 Jan 2020 02:06 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 02:06 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5689 |
Actions (login required)
View Item |