Ma’rifahwati, Ma’rifahwati (2020) KOMPETENSI SOSIAL GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL WATHON DESA MUARA SUNGSANG KECAMATAN BANYUASIN II. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
TESIS OK (1).pdf Download (368kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK JUDUL TESIS : “KOMPETENSI SOSIAL GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL WATHON DESA MUARA SUNGSANG KECAMATAN BANYUASIN II” Kompetensi sosial guru adalah kemampuan guru sebagai bagian dari masyarakat untuk “Berkomunikasi lisan, tulis, dan/atau isyarat secara santun, menggunakan tehnologi komunikasi dan informasi secara fungsional, bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, pimpinan satuan pendidikan, orang tua atau wali peserta didik, bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar dengan mengindahkan norma serta sistem nilai yang berlaku, menerapkan prinsip persaudaraan sejati dan semangat kebersamaan”. Latar belakang melakukan penelitian ini karena melihat phenomena bahwa guru yang baik dalam konteks memiliki kompetensi sosial dimaksud diatas belum sepenuhnya terlaksana di MTs Nurul Wathon sebagaimana yang di harapkan. Tampak adanya perbedaan status ekonomi, adanya guru yang ketus dan tidak ramah, komunikasi antara guru dan orang tua siswa tidak berlangsung dengan baik. Maka peneliti ingin mengangkat fenomena mengenai Kompetensi Sosial Guru di MTs Nurul wathon Desa Muara Sungsang Kecamatan Banyuasin II Penelitian difokuskan pada : 1. Bagaiman kompetensi sosial guru di MTs Nurul Wathon Desa Muara Sungsang Kecamatan Banyuasin II? 2. Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam mengaplikasikan kompetensi social guru di MTs Nurul Wathon Desa Muara Sungsang Banyuasin II?.tujuan yang ingin di capai untuk mengetahui bagaimana kompetensi social guru dan factor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam mengaplikasikan kompetensi sosial guru di MTs Nurul Wathon Desa Muara Sungsang BanyuasinII. Jenis penelitian field research, penelitian ini didesain secara deskriptip kualitatif, data diambil melalui observasi dan wawancara, dengan berbagai kalangan seperti : Kepala Madrasah, Siswa, orang tua siswa dan tokoh masyarakat. Serta melalui Dokumentasi untuk memperoleh data yang valid maka dilakukan triangulasi data, analisis dan menggunakan pendekatan deskriptip kualitatif. Hasil penelitian ini, memperlihatkan temuan bahwa kompetensi social guru di MTs Nurul Wathon Banyuasin II. terklarifikasi kurang baik,. Adapun yang menjadi factor pendukung adanya siswa, guru dan gedung tempat proses belajar mengajar, adanya dukungan pemerintah, adanya tuntunan masyarakat pendidikan yang berkualitas, kesadaran guru pentingnya bermasyarakat, bantuan swadaya masyarakat dan pemerintah. Adapun faktor penghambat, kurangnya kesadaran guru pentingnya kompetensi sosial guru, kepemimpinan kepala sekolah yang tidak maksimal dalam berperan aktif sebagai kepala sekolah, kurangnya fasilitas sarana dan prasarana, latar belakang pendidkan guru yang belum S.1.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (S2) TH. 2014 |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 16 Jan 2020 02:18 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 02:18 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5702 |
Actions (login required)
View Item |