PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH DI KECAMATAN KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

SEMAN, SEMAN (2020) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH DI KECAMATAN KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
01 - Halaman Judul.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 - Bab I ( 01 - 26 ).pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 - Bab II ( 27 - 37 ).pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 - Bab V ( 75 - 77 ).pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

xviii ABSTRAK Seman, “Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir”. Tesis Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2015. Kinerja guru mencerminkan prestasi seorang guru dalam melaksanakan tugasnya untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam kenyataannya maksimal tidaknya kinerja guru dipengaruhi banyak faktor. Kompetensi guru merupakan salah satu faktor diantara faktor-faktor yang lain yang dapat mempengaruhi kinerja guru. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah (MTs.) di Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei. Responden adalah seluruh guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir yaitu sebanyak 64 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kategori penelitian korelasional yaitu proses investigasi sistimatis untuk mengetahui hubungan antara dua atau lebih variabel. Sedangkan tipe penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory reseach). Pengumpulan data dilakukan melalui angket/ kuisioner (skala Likert). Analisis data menggunakan Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru berpengaruh terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan konstribusi determinan (R2 ) sebesar 0,850 yang berarti bahwa kompetensi guru mempengaruhi kinerja guru sebesar 85 persen, sedangkan sebesar 15 persen lagi dijelaskan variabel lain di luar konsep penelitian ini. Adapun persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = -1,478 + 1,037X. yang berarti bahwa dengan peningkatan kompetensi guru 1 satuan, maka kinerja guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Kayuagung juga akan meningkat sebesar 1,037. Berdasarkan ukuran tingkat korelasi, maka korelasi atau pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru (sebesar 0,85) tergolong korelasi yang sangat kuat. Berdasarkan hasil penelitian juga dapat disimpulkan bahwa kinerja guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir akan semakin meningkat apabila kompetensi guru lebih baik atau meningkat. Kata Kunci : Kompetensi Guru, Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (S2) TH.2015
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 16 Jan 2020 02:29
Last Modified: 16 Jan 2020 02:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5706

Actions (login required)

View Item View Item