PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) PLUS NEGERI 17 PALEMBANG

HILMIN, HILMIN (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) PLUS NEGERI 17 PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TESIS OK (2).pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sekolah Menengah Atas (SMA) Plus Negeri 17 Palembang adalah salah salah satu sekolah unggulan. Sekolah ini telah mewajibkan semua guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah mata pelajaran yang wajib diikuti oleh siswa dari X sampai kelas XII yang dalam pelaksanaanya juga telah berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis teknologi informasi dan komunikasi, bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis teknologi informasi dan komunikasi dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik triangulasi yang terdiri dari wawancara, dokumentasi, dan observasi. Setelah data dikumpulkan maka dilakukan analisis. Perencanaan pembelajaran telah dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Plus Negeri 17 Palembang dengan melakukan tahapan perencanaan kegiatan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dari perencanaan yang ada guru telah membuat perencanaan secara sistematis dengan membuat pemetaan pekan minggu efektif, program tahunan, program semester, silabus sampai pada Rencana Kegiatan Pembelajaran (RPP) dari RPP inilah dapat dianalisis bahwa guru Pendidikan Agama Islam telah membuat perencanaan yang matang untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis teknologi informasi dan komunikasi, dari perencanaan yang ada telah menggunakan Hardware dan Software Komputer. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Plus Negeri 17 Palembang telah terlaksana hal ini ditemukan dari hasil obsevasi, guru yang mengajar Pendidikan Agama Islam telah berbasis teknologi informasi dan komunikasi hal ini dapat dilihat dari setiap kali mengajar guru mempersentasikan materi dengan menggunakan Hardware dan Software Komputer, laptop dan proyektor sebagai penunjang utama kegiatan pembelajaran disamping itu juga guru menampilkan program komputerisasi yang mendukung kegiatan pembelajaran. Faktor pendukung dan pengahambat dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor sistem manajemen yang dikendalikan oleh peran kepala sekolah, faktor profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam, faktor sarana teknologi informasi dan komunikasi serta sinergisitas peranan staf administrasi yang membidangi peralatan teknologi informasi dan komunikasi dengan guru Pendidikana Agama Islam guna mendukung penggunaan saran sebagai pendukung kegiatan pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis teknologi informasi dan komunikasi di SMA Plus Negeri 17 Palembang guru dan tenaga pengelola perangkat teknologi informasi dan komunikasi perlu disiapkan agar dapat terlaksana dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 16 Jan 2020 03:31
Last Modified: 20 Jan 2020 03:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5718

Actions (login required)

View Item View Item