EVALUASI PROFESIONALISME GURU MATA PELAJARAN RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MADRASA ALIYAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN PASCA SERTIFIKASI

ISRO’ MIKAWATI, ISRO’ MIKAWATI (2020) EVALUASI PROFESIONALISME GURU MATA PELAJARAN RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MADRASA ALIYAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN PASCA SERTIFIKASI. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
JUDUL DEPAN (1).pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 (12).pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2 (11).pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5 (14).pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis ini berjudul “ Evaluasi Profesionalisme Guru Madrasah Aliyah rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) Pasca Sertifikasi Sekabupaten Musi Banyuasin”. Profesionalisme merupakan sikap profesonal terhadap suatu pekerjaan. Pekerjaan yang berupa profesi merupakan pekerjaan berupa memeberikan layanan pekerjaan berupa memberikan layanan pekerjaan secara struktur. Profesi guru dibangun oleh suatu struktur dari kebijakan pemerintah yang tertuang dalam UU No 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Peraturan Pemerintah No 74 tahun 2008. Untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan guru professional. Guru pasca sertifikasi harus bisa bekerja profesional Permasalahan yang dibahas dalam tesis ini adalah Bagaimana profesionalisme guru rumpun PAI Madrasah Aliyah sekabupaten Musi Banyuasin, apa saja yang menjadi factor penghambat dan pendukung profesionalisme guru rumpun PAI pasca sertifikasi dan upaya apa saja yang ditempuh Madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru rumpun PAI pasca sertifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan menggambarkan profil profesionalisme guru rumpun PAI Madrasah Aliyah Pasca Sertifikasi sekabupaten Musi banyuasin, sebagai sample penelitian MAN Model Sekayu dan MA Assalam sungai Lilin dengan mengevaluasi profesionalisme guru, factor penghambat dan penunjang profesionalisme guru dan upaya meningkatkan profesionalisme guru pasca sertifikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian evaluative dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, process dan Product evaluasi). Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian antara lain: mengidentifikasi komponen (sub variable), Identifikasi Indikator, dan Identifikasi bukti-bukti. Sebagai komponen penelitian adalah: UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan dosen, Peraturan pemerintah RI no 74 tahun 2008 tentang proses sertifikasi guru dalam jabatan, Jalur sertifikasi (Proses PLPG) dan UU Nomor 19 tahun 2005 tentang Profesionalisme Guru pada kompetensi paedagogik. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara, obserfasi dan dokumentasi. Tahapan-tahapan penelitian: tahap orientasi, tahap eksplorasi dan tahap member check. Telah Dapat disimpulkan bahwa Tingkat Profesionalisme Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) Madrasah Aliyah sekabupaten Musi banyuasin belum semuanya memenuhi standar profesionalisme sebagaimana yang dikehendaki dalam literature atau acuan normatif, terutama pada bidang pengelolaan pembelajaran, penggunaan media pembelajaran dan pembuatan PTK sebagai acuan dalam evauasi kinerja. Faktor penghambat profesionalisme guru antara lian: Sebagian guru mempunyai kemampuan dasar dalam mengajar masih kurang, Kondisi lingkungan dan sarana prasarana yang masih kurang dan Sebagian guru kurang kemauan menyesuiakan metode pembelajaran dengan perkembangan pendidikan. Adapun Faktor penunjang profesionalsime guru antara lain: Pembinaan awal yang telah diteria oleh guru dalam PLPG, Adanya rutinitas superfisi dari kepala Madrasah dan Pengawas dan Memberdayakan wadah MGMP dan mengikut sertakan guru dalam pelatihan di tingkat provinsi dan pusat secara bergilir . Upaya yang ditempuh madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru pasca sertifikasi adalahMengadakan pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran dan pembuatan PTK, mewajibkan membuat prangkat pembelajaran setiap awal tahun pelajaran, Memberdayakan MGMP, Mengadakan superfisi guru minimal 1 kali dalam 1 semester.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 16 Jan 2020 03:40
Last Modified: 20 Jan 2020 03:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5727

Actions (login required)

View Item View Item