PELAKSANAAN PEMBINAAN KOMPETENSI PROFESIONAL TENAGA PENDIDIK DI SMP NEGERI 46 PALEMBANG

P., POETRI LEHARIA (2018) PELAKSANAAN PEMBINAAN KOMPETENSI PROFESIONAL TENAGA PENDIDIK DI SMP NEGERI 46 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I FIX POETRI.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V FIX POETRI.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pelaksanaan Pembinaan Kompetensi Profesional Tenaga Pendidik di SMP Negeri 46 Palembang. Dengan rumusan masalah: bagaimana pelaksanaan pembinaan kompetensi profesional tenaga pendidik di SMP Negeri 46 Palembang. Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat pembinaan kompetensi profesional tenaga pendidik di SMP Negeri 46 Palembang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan kompetensi profesional tenaga pendidik di SMP Negeri 46 Palembang, untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembinaan kompetensi profesional tenaga pendidik di SMP Negeri 46 Palembang. Dalam penelitian peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Informan kunci (key informan) dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah sedangkan informan pendukung yaitu wakil kepala sekolah dan tenaga pendidik. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang berupa data yang diperoleh dari kepala sekolah, dan sumber data sekunder adalah data yang diperoleh dari literature yang berkaitan dengan penelitian ini termasuk dokumen tenaga pendidik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, ditunjukkan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tenaga pendidik dan dokumentasi digunakan untuk menghimpun data tentang pendidikan serta golongan, dan lain-lain. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembinaan kompetensi profesional tenaga pendidik di SMP Negeri 46 Palembang telah dilakukan atau dilaksanakan dengan semestinya terutama bagi tenaga pendidik dimulai dari waktu pelaksanaan dan tempat pelaksanaannya. Dalam pelaksanaan pembinaan kompetensi profesioanal tenaga pendidik pun tempatnya bisa terkadang di sekolah tersebut bahkan bisa juga diluar dari sekolah. Tenaga pendidiknya pun juga selalu mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan yang akan diikutinya agar bisa mengikuti kegiatan tersebut dengan memperoleh hasil yang berguna serta bisa mengembangkan kepada peserta didiknya sehingga menghasilkan generasi yang bermutu. Namun belum dikatakan baik karena tenaga pendidik di SMP Negeri 46 Palembang ini terkadang waktu jadwalnya berbenturan dengan mengajar dan adanya kepentingan mendesak dalam keluarga ataupun pribadi, selain itu juga terkadang masalah tempat yang terlalu jauh sehingga sulit dijangkau bagi tenaga pendidik untuk menghadirinya. Adapun faktor pendukung pembinaan kompetensi profesional tenaga pendidik adalah kepemimpinan kepala sekolah terhadap tenaga pendidik, rapat rutin yang dilakukan setiap bulan, kedisiplinan bagi tenaga pendidik dan keaktifan. Sedangkan faktor penghambat pembinaan kompetensi profesional tenaga pendidik adalah sarana prasarana tidak memadai, kurangnya dana, serta keadaan waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PEMBINAAN KOMPETENSI PROFESIONAL TENAGA PENDIDIK
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 16 Jan 2020 06:50
Last Modified: 16 Jan 2020 06:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5756

Actions (login required)

View Item View Item