PENGEMBANGAN SOAL BIOLOGI BERBASIS KEMAMPUAN ANALISIS MATERI KINGDOM PLANTAE KELAS X DI SMA NEGERI 1 PENUKAL (PALI)

SELIYANI, SELIYANI (2019) PENGEMBANGAN SOAL BIOLOGI BERBASIS KEMAMPUAN ANALISIS MATERI KINGDOM PLANTAE KELAS X DI SMA NEGERI 1 PENUKAL (PALI). Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan soal yang dapat melatih kemampuan siswa untuk berpikir mengarah kemampuan analisis dalam pemecahan masalah. Berdasarkan analisis soal, siswa hanya memiliki kemampuan kognitif pada jenjang mengingat, memahami maupun mengaplikasikan sedangkan untuk kemampuan kognitif jenjang analisis (C4), tidak dikembangkan. Hal ini disebabkan oleh (1) belum adanya pengetahuan guru mengenai soal kemampuan analisis (2) guru hanya berorientasi pada pencapaian materi (3) kurangnya minat guru dalam pembuatan soal kemampuan analisis. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui karakteristik soal kemaampuan analisis (2) untuk mengetahui pengembangan soal biologi berbasis kemampuan analisis pada materi Kingdom Plantae yang valid dan reliable (3) untuk mengetahui kemampuan analisis siswa terhadap soal berbasis kemampuan analisis pada materi Kingdom Plantae Penelitian ini dilakukan pada tanggal 17 Desember 2018 dan 15 Januari 2019. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan McIntire dan Miller. Metodologi penelitian (1) defining the test universe, audience and puprose; (2) developing a test plan; (3) compose the test items; (4) write the administration instruction; (5) conduct piloting test; (6) conduct item analysis; (7) revise the test; (8) validation the test. Indikator kemampuan analisis yang digunakan meliputi membedakan, mengorganisasikan dan mengatribusikan. Teknik analisis data menggunakan aplikasi microsoft excel. Hasil penelitian yang diperoleh (1) nilai reliabilitas uji coba pertama terkategori tinggi dan layak dengan nilai 0,87, sedangkan pada uji coba kedua terkategori baik dan layak dengan nilai 0,577.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan analisis Penelitian dan Pengembangan Pilihan Ganda
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 16 Jan 2020 06:51
Last Modified: 21 Jan 2020 01:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5759

Actions (login required)

View Item View Item