PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG

SARI, WARNITA (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG. Other thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2.. BAB I Skripsi Hanny.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.. BAB V Skpisi Hanny.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Judul Skripsi : Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan metode “Mind Mapping” pada pelajaran IPS kelas IV di MIN 2 Model Palembang? Bagaimana minat belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode “Mind mapping” dan kelas kontrol yang tidak menggunakan metode “Mind mapping” pada pelajaran IPS kelas IV di MIN 2 Model Palembang? dan Apakah terdapat pengaruh penerapan metode “Mind Mapping” terhadap minat belajar siswa di kelas IV di MIN 2 Model Palembang ? Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain True Experimental Design. Dalam model ini terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Untuk memperoleh data penulis menggunakan yaitu: observasi untuk mengetahui minat belajar siswa sebelum di terapkan metode Mind Mapping di MIN 2 Model Palembang, tes dalam penelitian ini berupa tes pernyataan, wawancara untuk mengetahui keadaan siswa dan minat siswa dalam mata pelajaran IPS, dokumentasi untuk mendapatkan data objektif mengenai sarana dan prasaranah serta data sejarah perkembangan MIN 2 Model Palembang, dan analitis data yang digunakan yaitu test “t” Dalam penelitian ini populasi yang dipakai yaitu kelas I A sebagi kelas Eksperimen yang berjumlah 37 orang dan kelas IV F sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 orang. sampel dan teknik yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan aturan sampling purposive. Dari hasil perhitungan tes “t’’ di dapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan metode Mind Mapping yaitu 86,08 sedangkan nilai rata-rata siswa yang tidak menggunakan metode Mind Mapping yaitu 74,05 Karena to telah diperoleh sebesar 3,64 sedangkan tt = 2,00 dan 2,65 maka to adalah lebih besar dari pada tt , baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% dengan rincian : -2,01 < 3,64 > 2,65. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan metode Mind Mapping terhadap Minat Belajar siswa kelas IV di MIN 2 Model Palembang

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping Minat Belajar Siswa MIN 2 Model Palembang
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 16 Jan 2020 08:09
Last Modified: 16 Jan 2020 08:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5760

Actions (login required)

View Item View Item