PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 PANGKALAN LAMPAM

ANGGRAINI, YULI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 PANGKALAN LAMPAM. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment dengan Nonequivalent Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA 1 Pangkalan Lampam yaitu kelas X IPA 1, X IPA 2 dan X IPA 3 yang berjumlah 106 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu Sampling Purposive dan diperoleh sampel yaitu kelas X IPA 2 dan X IPA 3 yang berjumlah 70 siswa. Kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen yaitu pembelajaran larutan elektrolit dan non elektrolit menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran larutan elektrolit dan non elektrolit menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t dengan berbantuan SPSS Versi 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Pangkalan Lampam dengan hasil t hitung sebesar 2,136 dengan signifikasi sebesar 0,036. Didapatkan t tabel dari df 68 pada taraf signifikasi 5% adalah 2,00. Jadi nilai t hitung > t tabel (2,136 > 2,00) dan nilai signifikasinya kurang dari 0,05 (p = 0,036 < 0,05) dan peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dengan rata-rata sebesar 0,50 termasuk ke dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing larutan elektrolit dan non elektrolit hasil belajar
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Jan 2020 07:35
Last Modified: 17 Jan 2020 07:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5810

Actions (login required)

View Item View Item