IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMP NEGERI 46 PALEMBANG

ALFIONITARI, EVI (2019) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMP NEGERI 46 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (806kB) | Preview

Abstract

Pemahaman terhadap konsep-konsep pembelajaran biologi merupakan langkah awal bagi setiap guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Namun, seringkali siswasiswi belum dapat memahami konsep yang ada, salah menafsirkan konsep, atau konsep yang diterima tidak sesuai dengan konsep para ahli. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap miskonsespsi siswa di SMP Negeri 46 Palembnag pada materi “Sistem Peredaran Darah Manusia”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa Soal Esai disertai kolom Certainty of response index (CRI). Dari penelitian ditemukan bahwa persentase siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 28,3% dan persentase tersebut lebih kecil dibandingkan dengan persentase siswa yang tidak tahu konsep. Miskonsepsi yang paling banyak di alami siswa yaitu pada soal nomor 3,8,9,11 dan 16 dan subkonsep yang paling mendominan yaitu pada penentuan golongan darah, membuat skema sistem peredaran darah manusia dan gangguangangguan yang terjadi di sistem peredaran darah manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: miskonsepsi sistem peredaran darah manusia
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Jan 2020 07:37
Last Modified: 17 Jan 2020 07:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5815

Actions (login required)

View Item View Item