KULTUR MADRASAH PESANTREN DI SOUTH SUMATERA

Munir, Munir (2009) KULTUR MADRASAH PESANTREN DI SOUTH SUMATERA. -.

[img]
Preview
Text
Artikel_KULTUR_MADRASAH_PESANTREN (1).pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Artikel ini berjudul kultur madrasah pesantren di SumateraSelatan. Artikel ini merupakan hasil riset di Pesantren Nurul Islam Seribandung Kabupaten Ogan Ilir dan Pesantren Subulussalam Seriwangi Kabupaten OKU Timur. Hal ini dilatarbelakani oleh kenyataan bahwa pesantren di Sumatera Selatan memiliki dua akar budaya yang berbeda, yaitu pesantren yang berakar budaya asli Sumetara dan pesantren yang berakar dari Jawa melalui jalur transmigrasi. Oleh karena itu tulisan ini ingin mendiskripsikan karakteristik kultur dua madrasah pesantren tersebut dari aspek antropologi-sosiologi pendidikan, dengan pendekatan fenomenologi dengan subyek penelitian pimpinan madrash, dewan guru, peserta didik dan masyarakat pendukungnya. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, observasi dan wawancara mendalam, serta analisis datanya menggunakan diskrif kualitatif, dengan triangulasi dan teknik kontras. Tulisan ini menyimpulkan bahwa Karakteristik kultur madrasah berbasis pesantren di sumatera selatan dapat dibedakan menjadi dua tipologi, yaitu kultur madrasah pesantren asli Sumatera Selatan dan kultur madrasah pesantren JawaSumatera Selatan. Sistem pengetahuannya menerapkan kurikulum lokal pondok pesantren dan Depag/Diknas terintergasi dalam kurikulum Madarasah Pesantren. Orientasi tata tertib cenderung ke arah hukum positif daripada hukum syara’. Pakaian para siswa mengikuti seragam pada umumnya yang dipakai di Madrasah. Untuk pakaian siswi memakai lilitan sebagai pengganti jilbab. Kegiatan kesenian yang dilakukan meliputi, barzanji, Muhadharah, tilawatil al-Qur’an, Kaligrafi, drum band. Madrasah Pesantren Jawa-Sumatera Selatan menerapkan kurikulum yang ditetapkan oleh Depag/Diknas dengan tetap mempertahankan kurikulum lokal pondok pesantren dalam program Madrasah Diniyah. Muatan kurikulum yang menjadi ciri khas tradisi Pesantren Jawa tetap dipertahankan, Kiyai dan para ustadz menjadi suber sistem pengetahuan khas Pesantren Jawa itu. Penerapan hukum (tata aturan), dilaksanakan dengan sangat ketat, oleh para guru/ustadz/ah sangat maksimal, namun sanksinya tidak mencederai fisik. Tata tertib dibuat dengan beorientasi penanaman tradisi pesantren Jawa yang menjadi induk tradisinya. Dalam hal pakaian, ada pakaian dengan motif khusus yang ada lambang Pondok dan NU, sebagai ciri khas baik untuk santri maupun untuk dewan guru.

Item Type: Article
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 17 Jan 2020 07:44
Last Modified: 17 Jan 2020 07:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5829

Actions (login required)

View Item View Item