IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI VIRUS MENGGUNAKAN THREE-TIER TEST PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH TULUNG SELAPAN OKI

NOSA, ANDIKA (2019) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI VIRUS MENGGUNAKAN THREE-TIER TEST PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH TULUNG SELAPAN OKI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi miskonsepsi siswa SMA Muhammadiyah Tulung Selapan OKI pada konsep Virus menggunakan three-tier test dan mengetahui persentase siswa kelas X SMA Muhammadiyah Tulung Selapan OKI yang mengalami miskonsepsi terhadap konsep Virus. Teknik pengumpulan data data Non tes, data tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian adalah kelas X SMA Muhammadiyah Tulung Selapan OKI. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampling jenuh, sampel yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Tulung Selapan OKI sebanyak 31 siswa/siswi. Adapun hasil penelitian menggunakan Three tier test untuk paham konsep sebesar 59,3%, miskonsepsi sebesar 23,6% dengan miskonsepsi false positif sebesar 2,85% dan miskonsepsi false negatif sebesar 4,46%, tidak paham konsep sebesar 17,1%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa siswa telah paham dengan konsep pada meteri Virus. siswa yang paham konsep pada indikator soal mengenai struktur tubuh virus dalam menggambarkan dan membandingkan dengan virus yang lain, mengidentikasi karakteristik tubuh, cara hidup, replikasi, dampak negatif/ positif dalam kehidupan, cara pencegahan dan pengobatan infeksi virus. Siswa yang mengalami miskonsepsi pada indikator soal nomor 1 mengenai cara menetukan virus yang pertama kali ditemukan. Siswa tidak paham konsep pada Indikator soal nomor 13 mengenai siswa dapat menentukan cara membiakan virus

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi Miskonsepsi Materi Biologi Theree-Tiert Test
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:21
Last Modified: 20 Jan 2020 02:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5832

Actions (login required)

View Item View Item