PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI MEDIA PADA SISWA DALAM MEMILAH INFORMASI TERHADAP PENCEGAHAN BERITA HOAX (STUDI PADA SISWA MAN 1 PALEMBANG)

WULANDARI, RIMA (2019) PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI MEDIA PADA SISWA DALAM MEMILAH INFORMASI TERHADAP PENCEGAHAN BERITA HOAX (STUDI PADA SISWA MAN 1 PALEMBANG). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kemampuan Literasi Media Pada Siswa dalam Memilah Informasi Terhadap Pencegahan Berita Hoax”. Dengan latar belakang untuk mencegah terjadinya penyebaran hoax di media sosial, siswa lebih kritis dan cerdas dalam bermedia serta mencari tahu kebenarannya, dengan kemampuan literasi media dapat memudahkan para siswa mencari informasi fakta dengan sumber yang jelas. Disini penulis mengangkat permasalahan bagaimana tingkat pengaruhnya kemampuan literasi media pada siswa dalam memilah informasi terhadap pencegahan berita hoax dan kegiatan literasi media pada siswa MAN 1 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode observasi dan kuesioner terhadap responden. Teknik analisis data dengan cara menguji validitas, reliabilitas, normalitas, analisis regresi linier dan menguji hipotesis dengan Program Statistik SPSS Versi 23. Dengan sampel 53 responden. Dapat diketahui bahwa Kegiatan literasi media pada siswa MAN 1 palembang dilihat dari variabel X yang termasuk dalam kategori positif, karena pada variabel X tersebut menunjukkan bahwa siswa MAN 1 yang mengikuti ekstrakurikuler telah menerapkan kegiatan literasi media. Masing-masing siswa telah memiliki kemampuan dalam menshare atau menerima berita dari sumber yang jelas. Hal ini terbukti dari jumlah responden yang menjawab (setuju dan sangat setuju) yang mencapai angka 56,4%. Pengaruh antara variabel (X) kemampuan literasi media pada siswa dan variabel (Y) pencegahan berita hoax memiliki hubungan yang kuat, dibuktikan dengan hasil besaran hubungan antara dua variabel diperoleh nilai R square sebesar 0,710 (71%). Kemudian jika dilihat dari hasil uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 2,936 > 2,008 maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh kemampuan literasi media pada siswa dalam memilah informasi terhadap pencegahan berita hoax.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: dakwah dan komunikasi
Date Deposited: 20 Jan 2020 01:19
Last Modified: 20 Jan 2020 01:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5852

Actions (login required)

View Item View Item