PENGARUH PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKN DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATONIYAH PALEMBANG

RAHMA, SRI WAHYUNI (2017) PENGARUH PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKN DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATONIYAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab V.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, yang terdiri atas lima bab. Penelitian ini dilatar belakangi kerena masih banyak siswa MI Wathoniyah kurang dalam kreativitas terutama dalam mata pelajaran PKN mereka cendrung bosan bila belajar mata pelajaran di kelas. Karena itu penulis berusaha menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas siswa terkhus kelas IV di MI Watoniyah Palembang dengan menggunakan Pendekatan Resource Based Learning dan melihat apakah kreativitas belajar siswa dapat neningkat. Kemudian untuk memperoleh data, penulis menggunakan alat pengumpul data yaitu: Tes digunakan untuk mengumpulkan data yang di berikan kepada siswa baik sebelum adanya penerapan pendekatan resource based learning maupun setelah diterapkannya (Pre test dan Post test) untuk mengertahui secara langsung kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran PKN didalam kelas. Observasi digunakan penulis untuk mengadakan pengamatan secara langsung ke tempat lokasi, dan cara belajarnya. Dokumentasi digunakan penulis untuk menghimpun data tentang keadaan sarana dan prasarana, keadaan guru, administrasi,dan keadaan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas belajar siswa setelah penulis menerapkan pendekatan resource based learning tergolong tinggi. Dilihat dari hasil tes kemampuan menghafal yang tergolong tinggi sebanyak 13 orang (46 %), tergolong sedang sebanyak 5 orang (17%), dan yang tergolong rendah sebanyak 10 orang (17%). Dengan demikian, penerapan pendekatan resource based learning dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas IV di Mi watoniyah palembang berada pada kategori “Tinggi” yakni sebanyak 13 orang (46 %) dari 28 orang siswa. Penerapan pendekatan resource based learning mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PKN sub pokok Lembaga Tinggi Negara tingkat pusat karena berdasarkan perbandingan nilai “t” yang terdapat pada adalah jauh lebih besar dari “t” tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% (2,05 < 3,779> 2,77), hal ini juga dapat dilihat dari sudah semakin banyaknya jumlah siswa yang mendapatkan nilai tinggi maupun spektakuler. Dengan demikian dapat dipahami bahwa penerapan pendekatan resource based learning akan mempengaruhi hasil yang mereka peroleh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kreativitas belajar siswa
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:53
Last Modified: 20 Jan 2020 04:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5865

Actions (login required)

View Item View Item