IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKA (KTSP) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) INSAN CENDIKIA SUNGAI LILIN MUSI BANYUASIN

MUJAB, MOH. (2013) IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKA (KTSP) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) INSAN CENDIKIA SUNGAI LILIN MUSI BANYUASIN. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.b. COVER TESIS (Logo Hitam Putih).pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. TESIS BAB 1 REVISI (Uj. Terbuka).pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. TESIS BAB 2 REVISI (Uj. Terbuka).pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. TESIS BAB 5 REVISI (Uj. Terbuka).pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) INSAN CENDIKIA SUNGAI LILIN MUSI BANYUASIN Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Cendikia Sungai Lilin Musi Banyuasin mengembangkan kurikulum yang menghasilkan model paduan antara pengetahuan umum dan agama. Pengetahuan umum mengacu pada kurikulum diknas dan pengetahuan agama mengacu pada kurikulum jaringan sekolah Islam terpadu (JSIT). Program kurikulum SDIT dibagi dua yaitu inti dan ekstensi. Program ekstensi meliputi (1) kegiatan plus (tilawah, tahsin, tahfidz Al-qur’an, dan praktik ibadah); (2) kegiatan ekstrakurikuler yang beragam; (3) kegiatan les bagi calon peserta ujian nasional (UN) dan remidial bagi siswa yang lemah dan terhambat belajarnya. Dari program tersebut timbul permasalahan yaitu bagaimana proses penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)? dan bagaimana strategi implementsinya? Penelitian ini mengfokus- kan pada dua masalah tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sendiri sebagai key instrument, sedangkan sumber data yang penulis tentukan adalah kepala sekolah, semua guru SDIT Insan Cendikia dan dokumen sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara; (1) wawancara; (2) observasi; dan (3) studi dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan teknik deskriptif dan untuk mengetahui kredibilitas data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian: pertama, perencanaan KTSP di SDIT Insan Cendikia telah ber- dasarkan analisis konteks, kebutuhan, peluang dan tantangan; kedua, proses penyusunan KTSP di SDIT Insan cendikia Sungai Lilin belum sepenuhnya sesuai dengan panduan dari BSNP, karena belum ada dokumen II dan pengesahan oleh Kemendiknas; ketiga, strategi implementasi kurikulum meliputi 1) perencanaan dalam rangka implementasi kurikulum, kegiatan-kegiatannya (a) koordinasi dalam menyusun rencana strategis, (b) merencanakan penyeleksian sumber pelajaran dan menentukan buku pegangan siswa dan guru. (c) menugaskan guru-guru untuk mengikuti kelompok kerja guru (KKG) antar sekolah dasar (SD), dan membimbing belajar siswa yang lemah. 2) pengorganisasian dalam rangka implementasi kurikulum, kegiatan-kegiatannya adalah (a) membina organisasi sekolah, (b) menyusun tugas dan jabatan personil, (c) membina organisasi siswa, (d) menyusun struktur program. 3) penggerakan dalam rangka implementasi kurikulum, kegiatan-kegiatannya (a) memotivasi; (b) koordinasi; (c) kepemimpinan; dan (d) menjaga hubungan baik dengan guru dan staf. 4) pengontrolan dalam rangka implementasi kurikulum, kegiatan-kegiatannya (a) monitoring (b) evaluasi, (c) supervisi, dan (d) penilaian. Pada akhir pnelitian ini ditemukan bahwa Implementasi kurikulum di SDIT Insan Cendikia Sungai Lilin berjalan dan berhasil baik dengan bukti tingkat kelulusan mencapai seratus persen dalam ujian sekolah (US) dan ujian nasional (UN). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada kepala sekolah dasar Islam terpadu (SDIT) Insan Cendikia sebagai ketua tim penyusun kurikulum untuk mengadakan dokumen satu dan dua KTSP yang disahkan oleh kemendiknas kabupaten. Dan Kemendiknas hendaknya mengintensifkan supervisi dengan program kerja yang jelas. Perlunya dilakukan penelitian pengembangan tentang implementasi kurikulum tingkat kelas secara rinci pada setiap mata pelajaran di sekolah dasar Islam terpadu (SDIT) Insan Cendikia Sungai Lilin.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH.2013
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:57
Last Modified: 20 Jan 2020 02:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5866

Actions (login required)

View Item View Item