KINERJA PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Studi Kasus Pada Pengawas Guru PAI di Kabupaten Musi Banyuasin

SUHARTONO, SUHARTONO (2013) KINERJA PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Studi Kasus Pada Pengawas Guru PAI di Kabupaten Musi Banyuasin. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover (16).pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. TESIS BAB 1 REVISI (Uj. Terbuka).pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. TESIS BAB 2 REVISI (Uj. Terbuka).pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. TESIS BAB 5 REVISI (Uj. Terbuka).pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK KINERJA PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Pada Pengawas Guru PAI di Kabupaten Musi Banyuasin) Keberhasilan pendidikan agama Islam di sekolah bergantung dengan kompetensi guru PAI, sedangkan kompetensi guru PAI dapat dipengaruhi oleh peran atau kinerja pengawas PAI dalam melakukan tugas kepengawasan pada setiap satuan pendidikan. Terdapat permasalahan di seputar kepengawasan, baik masalah internal pengawas maupun eksternal yang meliputi kinerja pelaksanaan tugasnya maupun kendala-kendala lapangan pada saat melaksanakan tugas kepengawasan. Selain itu permasalahan pengawas PAI di kemenag Musi Banyuasin di antaranya adalah tidak melakukan kegiatan supervisi dan pembinaan terhadap guru PAI yang pengangkatan PNS-nya dilakukan oleh kemendikbud. Pada penelitian ini yang akan diungkap adalah kinerja pengawas PAI, faktor kendala dan faktor pendukung yang dimiliki oleh pengawas PAI dalam melaksanakan tugas kepengawasan terhadap guru PAI. Untuk itu metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah derkriftif kualitatif, dengan pendekatan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik analisa data yang dipakai adalah model Miles dan Huberman sedangkan pengujian validitas data menggunakan metode triangulasi yaitu teknik pengecekan atau pemeriksaan data dengan cara membandingkan informasi atau data dengan cara yang berbeda, menggunakan data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi, juga menggunakan data pembanding dari data di luar data yang sudah diperoleh. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa kinerja yang ditunjukkan oleh pengawas PAI di kabupaten Musi Banyuasin adalah tidak memuaskan. Dengan penelitian ini pula dapat diungkap kendala-kendala bagi pengawas PAI dalam melaksanakan tugas kepengawasan yaitu (1) faktor kebijakan, (2) faktor SDM pengawas, (3) faktor geografis, jarak tempuh dan cuaca, (4) faktor dana, (5) faktor sarana dan prasarana, dan (6) faktor dualisme dan komunikasi. Sedangkan faktor-faktor pendukung yang dimiliki adalah: (1) faktor perangkat hukum, (2) faktor dukungan organisasi, dan (3) faktor motivasi. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada pengawas PAI agar meningkatkan kinerjanya, menjaga motivasi kerja dan meningkatkan kompetensi serta profesionalitasnya. Disarankan pula bagi kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Musi Banyuasin agar menjadi fasilitator bagi pengawas PAI dalam menghadapi persoalan atau kendala yang dihadapi di lapangan dengan cara (1) menganalisa laporan pelaksanaan program dan memperhatikan rekomendasi yang diberikan oleh pengawas, (2) merespon kebutuhan pengawas PAI dan alokasi anggaran yang dilakukan oleh Pokjawas dengan melakukan komunikasi internal maupun eksternal, dan (3) melakukan penilaian kinerja pengawas PAI untuk peningkatan kompetensi dan profesionalitasnya. Sedangkan untuk penelitian lebih lanjut diharapkan fokus pada pemahaman konsep kepengawasan PAI sehingga ada kesepahaman yang sama antara Kemendikbud dan Kemenag, yang hasilnya dapat menyolusi persoalan dualisme pada penyelenggaraan PAI pada sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2013
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:55
Last Modified: 20 Jan 2020 03:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5878

Actions (login required)

View Item View Item