PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ARITMETIKA SOSIAL DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI)UNTUK SISWA KELAS VII

KHAIRUNNISA, RAHMI (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ARITMETIKA SOSIAL DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI)UNTUK SISWA KELAS VII. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar aritmetika sosial dengan pendekatan PMRI yang valid, praktis dan mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar siswa kelas VII.7 di SMP Negeri 55 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan yang terdiri dari tahap Preliminary (tahap persiapan dan pendesainan) dan tahap prototyping menggunakan alur formative evaluation(self evaluation, one-to-one, small group and field test). Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar walktrough, wawancara, angket dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.7 SMP Negeri 55 Palembang dengan jumlah 34 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Menghasilkan bahan ajar yang valid dengan melihat komentar dan saran validator serta nilai kevalidan 83,33; (2) Menghasilkan bahan ajar yang praktis dilihat dari komentar siswa pada lembar wawancara, dan (3) bahan ajar memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 78,62 atau 82,35% memperoleh nilai 75.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengembangan Aritmetika Sosial PMRI
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 20 Jan 2020 06:44
Last Modified: 20 Jan 2020 06:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5886

Actions (login required)

View Item View Item