PENGARUH PENERAPAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI DAARUL AITAM PALEMBANG

MEISAPUTRI, ANDRIANI (2019) PENGARUH PENERAPAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI DAARUL AITAM PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran, guru harus menggunakan suatu pembelajaran yang mampu memancing respon peserta didik agar tertarik untuk belajar aktif yaitu dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS. Dengan menggunakan media gambar ini diharapkan adanya perubahan dalam proses pembelajaran dan siswa dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan aktif juga bersemangat, sehingga dapat meningkatkan minat belajar peserta didik agar berhasil dalam tujuan pendidikan yang termasuk dalam tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Penelitian ini dilakukan di MI Daarul Aitam Palembang yang membahas tentang penerapan media gambar terhadap minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di MI Daarul AItam Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana penerapan media gambar pada mata pelajaran IPS, (2) bagaimana minat belajar kelas kontrol dan eksperimen pada mata pelajaran IPS, Dan (3) bagaimana pengaruh penerapan media gambar terhadap minat belajar kelas IV di MI Daarul Aitam Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media gambar terhadap minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di MI Daarul Aitam Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, angket dan dokumentasi. Hasil yang dapat dilihat dari penelitian pengaruh penerapan media gambar terhadap minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di MI Daarul Aitam Palembang ini adalah (1) penerapan media gambar terlaksana dengan baik dan efektif, (2) minat belajar kelas kontrol pada mata pelajaran IPS masih kurang karena terdapat banyak siswa yang tidak fokus mengikuti pembelajaran, sedangkan pada kelas eksperimen terdapat perbedaan menonjol, siswa bersemangat dalam belajar juga aktif, dan (3) adanya pengaruh penerapan media gambar terhadap minat belajar kelas IV pada mata pelajaran IPS, dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan membandingkan hasil to=11,36 lebih besar dari ttabel taraf 5%=2,03 dan taraf 1%=2,74, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil ditolak yang berarti hipotesis alternatif diterima dengan 2,03 < 11,36 > 2,74.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar Minat Belajar.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 20 Jan 2020 06:45
Last Modified: 20 Jan 2020 06:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5889

Actions (login required)

View Item View Item