UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MOZAIK PADA KELOMPOK B DI RA PERWANIDA 2 KOTA PALEMBANG TAHUN AJARAN 2019-2020

QOMARIAH, QOMARIAH (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MOZAIK PADA KELOMPOK B DI RA PERWANIDA 2 KOTA PALEMBANG TAHUN AJARAN 2019-2020. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KESIMPULAN-SARAN.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mozaik Pada Kelompok B Di Ra Perwanida 2 Kota Palembang Tahun Ajaran 2019-2020”. Dilatar belakangi belum berkembangnya kemampuan motorik halus anak yang belum berkembang sesuai dengan tahapan perkembangan usianya, ini dikarenakan pembelajaran setiap harinya hanya baca tulis hitung dan kurangnya inovasi pembelajaran serta media pembelajaran yang terbatas sehingga kegiatan yang dapat mengembangkan motorik halus anak sangat jarang dilakukan. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan kegiatan mozaik dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak, dan apakah kegiatan mozaik tersebut dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di RA Perwanida 2 Palembang tahun ajaran 2019-2020. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan mozaik dan untuk mengetahui kegiatan mozaik dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Populasi nya seluruh anak kelompok B dan sampel yang diambil adalah kelas B3 sebanyak 18 anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Menggunakan desain penelitian Kemmis & McTaggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Terdapat dua siklus dan dalam satu siklusnya empat kali pertemuan. Dalam mengumpulkan data digunakan adalah observasi dimana terdapat catatan lapangan, catatan wawancara dan catatan dokumentasi. Tenik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap prasiklus tingkat kemampuan motorik halus anak berada pada kategori Mulai Berkembang 11,44 (47,66%) sedangkan setelah menggunakan kegiatan mozaik pada siklus I mencapai tingkat kategori Mulai Berkembang 14,38 (59,91%) dan pada siklus II mencapai tingkat kategori Berkembang Sesuai Harapan 19,22 (80,08%). Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan yang cukup signifikan pada kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan mozaik

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus Kegiatan Mozaik
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 20 Jan 2020 06:46
Last Modified: 20 Jan 2020 06:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5891

Actions (login required)

View Item View Item