PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMP NEGERI 46 PALEMBANG

IRAWAN, VICKY (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMP NEGERI 46 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV dan V.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam adalah proses pentransferan nilai yang dilakukanoleh pendidik, yang meliputi proses perubahan sikap dan tingkah laku serta kognitif peserta didik, baik secara kelompok maupun individual, kearah kedewasaan yang optimal, dengan melibatkan seluruh potensi yang dimilikinya, sehingga diharapkan peserta didik maupun memfungsikan dirinya sebagai “abd maupun khalifah fi al-ardh, dengan tetap berpedoman kepada ajaran islam. Guru agama sebagai pengemban amanat pembelajaran pendidikan Islam haruslah orang yang memiliki kepribadian yang saleh. Hal ini merupakan konsekuensi logis karena dialah yang akan mencetak anak-didiknya menjadi anak saleh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama di SMP Negeri 46 sikap Palembang ? Apa factor-faktor pendukung dan penghambat proses menanamkan nilai-nilai toleransi beragama pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 46 PalembangBagaimana sikap sosial siswa kelas X SMA Nurul Iman Palembang? Bagaimana bentuk-bentuk sikap toleransi beragama yang di tunjukan oleh siswa SMP Negeri 46 Palembang? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan teknik Reduksi Data, Data yang diperoleh dari lapangan jumlahnya cukup banyak, sehingga perlu dicatat secara teliti dan rinci. Seperti telah dikemukakan sebelumnya, semakin lama peneliti ke lapangan, maka jumlah data yang diperoleh akan semakin banyak, kompleks, dan rumit. Untuk itu perlu segera dilakukan analisis data melalui reduksi data.Untuk memperoleh data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan wawancara dan observasi bahwa memang ada yang mempengaruhi dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMP Negeri 46 Palembang. Harapan peneliti semoga tulisan ini dapat menjadi informasi, bahan pemikiran, pengetahuan, serta sumbangsih bagi parapraktisi pendidikan, pemikir pendidikan, tenaga pengajar dan siswa pada umumnya untuk terciptanya sebuah proses pembelajaran yang mampu menumbuhkan kesadaran dikalangan anak didik untuk hidup damai, penuh toleransi, dan tanpa konflik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA SISWA
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 20 Jan 2020 08:38
Last Modified: 20 Jan 2020 08:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5914

Actions (login required)

View Item View Item