HUBUNGAN ANTARA MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS AL-IHSANIYAH PALEMBANG

ASMARA, NIKA (2017) HUBUNGAN ANTARA MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS AL-IHSANIYAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 .pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Hubungan antara mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di MTs Al-Ihsaniya Palembang”.Dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan dilapangan yakni dalam merencanakan penyelesaian masalah beberapa siswa yang kurang aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, sehingga bakat siswa harus dilatih dan dikembangkan secara maksimal lagi, mengingat beberapa tahun terakhir ini prestasi siswa dalam bidang keagamaan belum terlihat secara menonjol. Populasinya dalam penelitian ini seluruh siswa MTs Al-Ihsaniyah Palembang, sampel yang diambil kelas VIII yang berjumlah 24 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dengan prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen pada kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Al-Ihsaniyah Palembang. Sebelum mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, mendapat skor tinggi terdapat 9 orang siswa dengan presentase 37,5 % , kemudian siswa yang mendapat skor sedang terdapat 5 orang siswa dengan presentase 20,83 % dan siswa yang mendapat skor rendah sebanyak 10 orang siswa dengan presentase 41,67 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler berada dalam kategori sedang. Adanya prestasi belajar setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan siswa yang mendapat skor tinggi terdapat 1 orang siswa dengan presentase 4,17 % siswa yang mendapat skor sedang terdapat 23 orang siswa dengan presentase 95,83 % dan siswa yang mendapat skor rendah tidak ada. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan berada dalam kategori sedang. Membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (to = 3,613) dan besarnya “t” yang tercantum pada ttabel (5% = 2,07 dan 1% = 2,781) maka dapat diketahui bahwa to lebih besar dari tt yaitu: 2,07 < 3,613 > 2,81. Karena “to” yang diperoleh dalam perhitungan yaitu (to = 3,613) adalah lebih besar daripada tt ( baik pada taraf signifikasi 5%= 2,07 maupun pada taraf signifikasi 1% = 2,81), maka Hipotesis Alternatif diterima dan Hipotesis Nihil ditolak. Berarti antara prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan kegiatan ekstrakurikuler terdapat peningkatan signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: HUBUNGAN MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 20 Jan 2020 08:38
Last Modified: 20 Jan 2020 08:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5916

Actions (login required)

View Item View Item