PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E (ENGAGEMENT,EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION,EVALUATION) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI SMA NEGERI 2 PALEMBANG

UTAMA PUTRA, IGA (2019) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E (ENGAGEMENT,EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION,EVALUATION) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI SMA NEGERI 2 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini yang berjudul Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engagement,Exploration, Explanation, Elaboration, Evalutation) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA Negeri 2 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem peredaran darah kelas XI SMA Negeri 2 Palembang. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Design dengan metode Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Sampel penelitian berjumlah 78 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis keterampilan proses sains siswa menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 5E lebih baik dari pada pembelajaran kovensional (model demosntrasi, ceramah dan diskusi). Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test nilai posttest kedua kelas tersebut memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,856 > 1,991, dan nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,005, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian berdasarkan hasil analisis peningkatan rata-rata ketuntasan indikator keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen mencapai 21,27%,sedangkan indikator keterampilan proses sains siswa kelas kontrol 7,00%, artinya keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Maka, demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle 5E berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa di SMA Negeri 2 Palembang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teori Kontruktivisme Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 21 Jan 2020 08:37
Last Modified: 21 Jan 2020 08:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5953

Actions (login required)

View Item View Item