Nur'aini, Nur'aini (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 08 PEMULUTAN SELATAN KECAMATAN PEMULUTAN SELATAN KABUPATEN OGAN ILIR (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (107kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan rendahnya nilai rata-rata siswa serta rendahnya presentase kriteria ketuntasan minimal (KKM) di kelas yang jauh dari 85% yaitu siswa yang memenuhi standar KKM (70) dapat diketahui ada beberapa siswa yang belum berhasil dalam pembelajran ini. Berdasarkan identifikasi masalah, maka penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan Apakah dengan menerapkan media pembelajaran Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi huruf hijaiyah di kelas II SD Negeri 08 Pemulutan Selatan Kec. Pemulutan Selatan Kab. Ogan Ilir? Dari masalah ini maka tujuanya adalah untuk mengetahui dampak penerapan media pembelajaran Flash Card terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam materi huruf hijaiyah di kelas II SD Negeri 08 Pemulutan Selatan Kec. Pemulutan Selatan Kab. Ogan Ilir. Penelitian mengambil subjek yaitu siswa kelas II SD Negeri 08 Pemulutan Selatan yang berjumlah 25 orang siswa. Sementara tindakan dilakukan sebanyak 3 siklus, dimana setiap siklus di lakukan melalu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 3 siklus, maka hasil observasi dan evaluasi dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan media pembelajaran Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi huruf hijaiyah di kelas II SD Negeri 08 Pemulutan Selatan Kec. Pemulutan Selatan Kab. Ogan Ilir. Hal ini dapat dilihat dari : Total Nilai Siswa. Dimana jika dilihat dari capaian skor total, pada pratindakan skor total hanya mencapai 1365, kemudian siklus 1 naik menjadi 1695 kemudian di siklus 2 naik lagi menjadi 2010 dan pada siklus 3 meningkat menjadi 2260. Sebelum diterapkannya media pembelajaran Flash Card Perolehan nilai berdasarkan KKM adalah hanya 3 orang kemudian pada siklus I naik menjadi 16 anak dan pada siklus 2 naik signifikan menjadi 25 anak dan pada siklus 3 tetap 25 anak dan peningkatan Nilai Rata-Rata. Sebelum diterapkannya media pembelajaran Flash Card Perolehan nilai tes rata-rata siswa hanya mencapai 54.6. Dari 54.6 di pratindakan kemudian naik menjadi 67.8 di siklus 1, naik lagi menjadi 84.4 di siklus 2 dan pada siklus 3 meningkat menjadi 90.4.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flash Card, meningkatkan hasil belajar, materi huruf hijaiyah. |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 18 May 2016 02:19 |
Last Modified: | 18 May 2016 02:19 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/596 |
Actions (login required)
View Item |