PENGARUH METODE DRILL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

APRIANIS, WELLY (2019) PENGARUH METODE DRILL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Jenis penelitian yang digunakan adalah desain posttest only control design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada diSMP Negeri 9 Tulung Selapan OKI tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 56 siswa. Penelitian ini mengambil semua kelasVIII sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu kelasVIII.A dengan jumlah 28 siswa sebagai eksperimen dan kelas VIII.B berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian itu dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama dan pertemuan kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksprimen dengan metode drill dan kelas kontrol dengan metode konvensional pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan prisma). Pada pertemuan ketigake dua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diberi perlakuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika kepada siswa. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t’. Dari hasil analisis diperoleh, = 3,885 dan dengan α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,6759 yang berarti > ttabel yaitu 3,885 > 1,6759. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima artinya terdapat pengaruh positif penggunaan metode drill terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode drill kemampuan pemecahan masalah matematika siswa bangun ruang sisi datar (kubus dan prisma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 22 Jan 2020 03:35
Last Modified: 22 Jan 2020 03:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5980

Actions (login required)

View Item View Item