SIJUM, SIJUM (2012) PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
TESIS OK.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER TESIS.pdf Download (76kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berjudul “PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Evaluatif di Tiga Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Gunung Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi)”. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kegiatan pembelajaran PAI yang diselenggarakan guru selalu bermula pada komponen-komponen pembelajaran yang tersurat dalam kurikulum. Pernyataan ini didasarkan pada kenyataan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru merupakan bagian utama dari pendidikan formal (sekolah) yang syarat mutlaknya adalah adanya kurikulum sebagai pedoman. Dengan demikian guru dalam merancang program pembelajaran dan melaksanakan proses pembelajaran akan selalu berpedoman pada kurikulum. Hal ini berarti bahwa kurikulum merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pembelajaran. Secara spesifik, fokus penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : pertama, bagaimana penerapan KTSP dalam pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri 79/III Simpang Tutup, Sekolah Dasar Negeri 89/III Sungai Batu Gantih dan Sekolah Dasar Negeri 189/III Suko Pangkat? Kedua, apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan KTSP dalam pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri 79/III Simpang Tutup, Sekolah Dasar Negeri 89/III Sungai Batu Gantih dan Sekolah Dasar Negeri 189/III Suko Pangkat? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis data kualitatif. Metode data yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan pendekatan evaluatif. Adapun sumber datanya adalah dari pengawas PAI, kepala sekolah, guru PAI, karyawan, peserta didik, tokoh masyarakat dan pihak lain yang berhubungan dengan penelitian. Data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan adalah : pertama, penerapan KTSP dalam pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri 79/III Simpang Tutup dan di Sekolah Dasar Negeri 189/III Suko Pangkat sangat tidak baik, penyebabnya adalah tidak tercapainya indikator penerapan KTSP dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam tidak membuat perangkat pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran serta evaluasi tanpa perencanaan. Sedangkan penerapan KTSP dalam pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri 89/III Sungai Batu Gantih cukup baik, hal ini disebabkan guru PAI Sekolah Dasar Negeri 89/Sungai Batu Gantih sudah membuat sebagian perangkat pembelajaran dan mengajar sesuai dengan perencanaan pembelajaran. Kedua, masing-masing sekolah dasar yang diteliti memiliki faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan KTSP dalam pembelajaran PAI. Sekolah Dasar Negeri 189/III Suko Pangkat memiliki faktor-faktor penghambat yang lebih banyak. Untuk itu disarankan kepada guru PAI ketiga sekolah dasar yang diteliti, hendaknya dapat menjalankan tugas sebagai guru PAI dengan sungguh-sungguh menyiapkan perencanaan pembelajaran berupa perangkat pembelajaran yang lengkap dan sungguh-sungguh pula mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran serta melaksanakan evaluasi pembelajaran sesuai tuntutan KTSP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2012 |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 03:20 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 03:20 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6015 |
Actions (login required)
View Item |