KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PERSEPEKTIF STUDI TAFSIR TARBAWI

ARISMAN, ARISMAN (2014) KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PERSEPEKTIF STUDI TAFSIR TARBAWI. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Tesis Arisman ok.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis ini berjudul Konsep Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Tafsir Tarbawi. Hal ini di latar belakangi bahwa banyak penjelasan tentang pentingnya pendidikan keluarga dalam kehidupan bermasyarakat, yang menyatakan pendidikan keluarga merupakan pendidikan awal untuk menumbuhkembangkan kepribadian anak, tetapi kembali lagi dalam pembahasan tersebut, penulis belum menemukan penjelasan konsep pendidikan keluarga serta sistem yang terkandung di dalamnya yang menitik beratkan pada Al-Qur’an. Oleh karena itu yang menjadi rumusan masalah. 1) Bagaimana tujuan pendidikan keluarga dalam persepektif tafsir tarbawi? 2) Bagaimana materi pendidikan keluarga dalam persepektif tafsir tarbawi? 3) Bagaimana strategi pendidikan keluarga dalam persepektif tafsir tarbawi? 4) Bagaimana evaluasi pendidikan keluarga dalam persepektif tafsir tarbawi? 5) Bagaimana lingkungan pendidikan keluarga dalam persepektif tafsir tarbawi?. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tujuan pendidikan keluarga dalam persepektif tafsir tarbawi. 2) Materi pendidikan keluarga dalam persepektif tafsir. 3) Strategi pendidikan keluarga dalam persepektif tafsir tarbawi 4) Evaluasi pendidikan keluarga dalam persepektif tafsir tarbawi 5) Lingkungan pendidikan keluarga dalam persepektif tafsir tarbawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi tafsir tarbawi. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan dokumentasi yang meliputi: penghimpun ayat-ayat, hadits, dan kitab tafsir sehingga memberikan hasil yang sesuai dengan penelitian. Setelah data terhimpun, maka data ini di analisis yaitu dengan analisis isi (Content analysis) melalui langkah-langkah. 1) Reduksi, yaitu pengelompokan data terutama ayat-ayat Al-Quran yang berhubungan dengan pendidikan keluarga. 2) Display, yaitu menyajikan gagasan, pemahaman, dari data tersebut dengan cara membuat narasih dan bagan. 3) Verifikasi, yaitu menganalisis dengan cara membandingkan antar data, mengoperasikan antar pendapat dan pemikiran, sehingga didapatkan konsep yang spesifik. Temuan dalam penelitian ini adalah 1) Tujuan pendidikan keluarga dalam persepektif tafsir tarbawi yang meliputi: a) Menjadi hambah Allah yang taat beribadah. b) Menjadi keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. c ) Menjadikan anak sebagai pribadi muslim yang utuh. 2) Materi Pendidikan Keluarga dalam peresepktif tafsir tarbawi yang meliputi: a) Pendidikan Iman. b) Pendidikan Akidah. c) Pendidikan Ibadah. d) Pendidikan Akhlak. 3) Strategi Pendidikan Keluarga dalam persepektif tafsir tarbawi yang meliputi: a) Strategi keteladanan. b) Strategi perhatian. c) Strategi kasih sayang. d) Strategi nasihat. e) Strategi pembiasaan. f) Strategi cerita dan kisah. g) Strategi penghargaan. h) Startegi hukuman. 4) Evaluasi pendidikan keluarga dalam persepektif tafsir tarbawi yang meliputi: a) Unsur evaluator dan pengembangan yaitu orangtua sebagai pendidik. b) Unsur yang di evaluasi yaitu anak sebagai murid. c) Unsur yang di evaluasi yaitu pendidikan agama islam. 5) Lingkuang pendidikan keluarga dalam persepektif tafsir tarbawi yang meliputi: a) menciptakan lingkungan keluarga yang tenang. b) menciptakan lingkungan keluarga yang penuh kasih sayang. c) menciptakan lingkungan keluarga dengan landasan kasih sayang

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 23 Jan 2020 04:16
Last Modified: 23 Jan 2020 04:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6020

Actions (login required)

View Item View Item