PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BANI ABBASIYAH MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI KELAS XI MA PARADIGMA

HIDAYATULLAH, MUHARAM (2015) PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BANI ABBASIYAH MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI KELAS XI MA PARADIGMA. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa penasaran peneliti terkait metode yang tepat untuk mata pelajaran SKI. Dimana selama ini mata pelajaran SKI banyak yang menganggap sebagai mata pelajaran yang membosankan karena para guru hanya menggunakan metode ceramah. Namun peneliti melihat seorang guru kelas XI pengampu mata pelajaran SKI dapat menjadikan mata pelajaran SKI sebagai mata pelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan metode active learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Active Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Bani Abbasiyah Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dikelas XI MA Paradigma. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini adalah menggunakan angket. Subjek penelitian ini adala peserta didik kelas XI di MA Paradigma yang berjumlah 48 siswa/i. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana sebagai teknik analisis datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan pada jumlah responden 48 terdapat di rtabel df= N-2 df=48-2=46 pada taraf signifikansi 5% adalah 0,2845. Penggunaan metode active learning terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,627 > 0,2845. Signifikansinya 0,000 < 0,05 Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran active learning terhadap prestasi belajar siswa apabila guru dapat menggunakan metode dengan kreatif agar menjadi metode pembelajaran aktif yang menyenangkan pada materi Bani Abbasiyah mata pelajaran SKI kelas XI MA Paradigma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Active Learning Prestasi Belajar SKI
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 23 Jan 2020 08:19
Last Modified: 23 Jan 2020 08:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6021

Actions (login required)

View Item View Item