STUDI EVALUATIF PROSES PEMBENTUKAN BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 8 PALEMBANG

MUDRIKA, RIKA (2019) STUDI EVALUATIF PROSES PEMBENTUKAN BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 8 PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I MUDRIKA.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V MUDRIKA.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan sesuatu yang penting bagi manusia dalaam kehidupan ini. Pendidikan hendaknya memiliki kualitas yang lebih baik. Kualitas tersebut tidak saja tertuju pada kemampuan yang bersifat kognitif, tetapi lebih dari itu adalah pada kualitas yang bersifat afektif dan psikomotorik yang berupa aspek sikap dan perilaku. Hal tersebut karena perkembangan zaman yang semakin pesat, teknologi yang semakin canggih begitu juga moralitas generasi muda yang semakin dipertanyakan. Terkait hal tersebut SMP Negeri 8 Palembang menerapkan kegiatan keagamaan dalam bentuk budaya religius yang diterapkan di sekolah. Penelitian ini difokuskan pada pembentukan budaya religius di SMP Negeri 8 Palembang dengan rumusan masalah : proses pembentukan budaya religius di SMP Negeri 8 Palembang, bentuk-bentuk kegiatan religious di SMP Negeri 8 Palembang, program pengembangan budaya religius, faktor penghambat dan pendukung pembentukan budaya religius di SMP Negeri 8 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keempat hal tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian metode deskriptif. Penellitian ini berusaha memahami dan mendiskripsikan proses, bentuk-bentuk, faktor penghambat dan pendukung pembentukan budaya religius di SMP Negeri 8 Palembang Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul ditafsirkan dan dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dalam proses pembentukan budaya religius di SMP Negeri 8 Palembang terwujud karena adanya proses sosialisasi yang dilakukan oleh para pemimpin kepada seluruh warga sekolah dalam mewujudkan visi, misi, tujuan dan konsep sekolah secara optimal. Dalam proses pembentukan melalui tahap-tahap Perencanaan, pengorganisasian, memimpin, dan mengendalikan. Bentukbentuk kegiatan religius meliputi tahfizhul Qur‟an, Asmaul husna, Pelaksanaan Shalat Dhuha berjamaah, Pelaksanaan Sholat zhuhur berjamaah, Tilawah, Kitabati, Sholat Jum‟at berjamaah, Berinfaq dan bershodaqoh, perayaan hari besar Islam. Dalam pembentukan budaya religius diSMP Negeri 8 Palembang terdapat faktor penghambat dan pendukung. Faktor-faktor yang menjadi penghambat adalah guru yang kurang mumpuni, kedisiplinan, dan kurangnya perhatian semua pihak yang berkaitan dalam melakukan pembinaan dan pembimbingan kegiatan religius siswa. Sedangkan faktorfaktor pendukungnya adalah kerjasama semua warga sekolah, Keaktifan siswa, kerjasama dari wali murid, lingkungan yang mendukung, tempat yang tersedia, media yang tersedia, dan waktu

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Budaya Religius
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 23 Jan 2020 08:21
Last Modified: 23 Jan 2020 08:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6031

Actions (login required)

View Item View Item