PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SUB MATERI BERIMAN KEPADA NABI DAN RASUL DI KELAS VIII MTs. MA’ARIFUL ULUM BANYUASIN

NINGSIH, ANI RETNO (2017) PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SUB MATERI BERIMAN KEPADA NABI DAN RASUL DI KELAS VIII MTs. MA’ARIFUL ULUM BANYUASIN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Rendahnya penguasaan materi dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Ma’ariful Ulum khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak menjadi permasalahan yang urgen dan serius untuk sesegera mungkin dilakukan perubahan dan perbaikan. Sebagai alternative pemecahan masalah ini, menurut penulis salah satu cara yang paling efektif adalah dengan cara menggunakan metode pembelajaran yang lebih aktif dan menyenangkan salah satunya ialah metode Index Card Match. Penelitian ini berjudul “Penerapan metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Sub Materi Beriman Kepada Nabi dan Rasul di Kelas VIII MTs Ma’ariful Ulum Banyuasin”. Berdasarkan penelitian di atas yang menjadi focus perbaikan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak adalah apakah penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Beriman Kepada Nabi dan Rasul siswa kelas VIII MTs Ma’ariful Ulum Banyuasin? Oleh karena itu, perlu diadakan Penelitian Tindakan Kelas untuk membuktikan bahwa dengan menggunakan metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (a) untuk mengetahui keberhasilan penerapan metode Index Card Match dan (b) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Prosedur penelitian ini terdiri dari prasiklus, siklus I dan Siklus II. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ma’ariful Ulum Banyuasin yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang penulis lakukan yaitu pada prasiklus masih menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab hasil belajar dari 35 orang siswa hanya 11 orang siswa atau 31,42% saja yang tuntas degan nilai rata-rata 68,57 sementara yang tidak tuntas 24 siswa atau sebanyak 68,57%, kemudian pada siklus I dengan menerapkan metode Index Card Match, hasil ketuntasan siswa meningkat menjadi 20 orang siswa atau 57,14% dengan nilai rata-rata 67,14, pada siklus I ini belum 100% mencapai KKM 70 maka dilanjutkan pada siklus II, pada siklus II ketuntasan menjadi 100% dari 35 siswa dengan nilai rata-rata 91,42. Berdasarkan data tersebut target pencapaian ketuntasan 100% sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: METODE INDEX CARD MATCH AQIDAH AKHLAK BERIMAN KEPADA NABI DAN RASUL
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 23 Jan 2020 08:22
Last Modified: 23 Jan 2020 08:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6034

Actions (login required)

View Item View Item