RAHAYU, SARI (2019) REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA BERPRESTASI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I .pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (64kB) | Preview |
Abstract
Pentingnya regulasi diri dalam mencapai sebuah tujuan menjadikan setiap manusia mencoba untuk meregulasi dirinya. Berbagai cara digunakan manusia untuk meraih sebuah kesuksesan. Berbagai cara inilah yang merupakan hasil dari regulasi diri manusia. Semakin efektif regulasi diri yang dilakukan oleh seseorang maka keberhasilan yang diraih oleh orang tersebut juga akan semakin sempurna, begitu juga dengan sebaliknya. self regulated learning patut dimiliki oleh siswa, Siswa dituntut untuk dapat mengatur kegiatan belajar sendiri dengan belajar lebih mandiri dan tidak bergantung pada apa yang disajikan oleh pengajar saja. Selain itu siswa juga harus dapat mengerjakan tugas-tugas di sekolah yang tidak sedikit yang tentunya memerlukan pengaturan diri dalam belajar (self regulated learning) agar tugas-tugas di sekolah dapat terselesaikan dengan baik sehingga diharapkan dapat menghasilkan prestasi belajar yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai gambaran regulasi diri dalam belajar pada siswa berprestasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 kota palembang. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah enam siswa berprestasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 kota palembang yang terdiri dari tiga orang siswa kelas VIII A dan tiga orang siswa kelas IX A, keenam subjek tersebut berprestasi dalam bidang akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa indikator dalam regulasi diri pada siswa berprestasi. Adapun indikator tersebut pertama regulasi diri pada siswa berprestasi dilihat dari aspek-aspek regulasi diri meliputi metakognisi, motivasi dan perilaku. Kedua regulasi diri dalam belajar siswa dilihat dari faktor transcendental. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin mampu siswa meregulasi dirinya dalam belajar dengan baik, maka semakin baik pula hasil belajar dan prestasi yang akan diperoleh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | REGULASI DIRI SISWA BERPRESTASI |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 08:48 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 08:48 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6046 |
Actions (login required)
View Item |