PENGARUH MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI HAJI DAN UMRAH DI MA AULIA CENDEKIA PALEMBANG

WULANSARI, PUTRI (2019) PENGARUH MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI HAJI DAN UMRAH DI MA AULIA CENDEKIA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Pengaruh multimedia pembelajaran terhadap tingkat pemahaman siswa pada materi haji dan umrah di MA Aulia Cendekia Palembang”. Dalam penelitian ini terdapat dua batasan masalah, yang pertama multimedia pembelajaran yang dimaksud berupa CD Interaktif yang dibuat oleh Najmul Millah yang merupakan produk jadi berupa CD interaktif berisi mata pelajaran fikih kelas X tentang Haji dan Umrah. Batasan masalah yang kedua yaitu subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X Ma Aulia Cendekia Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama, bagaimana tingkat pemahaman siswa kelas eksperimen yang menggunakan multimedia pembelajaran pada materi haji dan umrah di MA Aulia Cendekia Palembang. Yang kedua adalah bagaimana tingkat pemahaman siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan multimedia pembelajaran pada materi haji dan umrah di MA Aulia Cendekia Palembang dan yang ketiga adakah pengaruh multimedia pembelajaran terhadap tingkat pemahaman siswa pada materi haji dan umrah di MA Aulia Cendekia Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan design eksperimen Quasi eksperimental design tipe post test only control group design. Yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X MA Aulia Cendekia Palembang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen berjumlah 40 siswa dan kelas kontrol berjumlah 38 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berupa post test dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian tingkat pemahaman siswa, diperoleh data hasil posttest dari 40 orang siswa kelas eksperimen (X.A) sebanyak 20 orang siswa atau 50% siswa tuntas KKM, sedangkan pada kelas kontrol (X.B) dari 38 orang siswa, sebanyak 11 orang siswa atau 28,95% siswa tuntas KKM. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t, diperoleh t0 = 3,5, ttabel taraf signifikansi 5 % = 1,99, sedangkan pada taraf signifikansi 1 % = 2,64 sehingga dapat dirincikan: 1,99 <3,5> 2,64. Artinya hipotesis dapat diterima bahwa, terdapat pengaruh multimedia pembelajaran terhadap tingkat pemahaman siswa pada materi haji dan umrah di Madrasah Aliyah Aulia Cendekia Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran Tingkat Pemahaman Siswa
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:48
Last Modified: 27 Jan 2020 02:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6056

Actions (login required)

View Item View Item