PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA KELAS VII A DI SMP ISLAM AL AZHAR CAIRO PALEMBANG - INDONESIA

M. SUHARTO, KIAGUS. (2018) PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA KELAS VII A DI SMP ISLAM AL AZHAR CAIRO PALEMBANG - INDONESIA. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa siswa kurang tertarik dalam membaca Al-Qur’an dengan irama. Anak cenderung tidak begitu tertarik dengan pelajaran Al-Qur’an karena selama ini pelajaran al-Qur’an dianggap sebagai pelajaran yang sulit sehingga menyebabkan rendahnya motivasi belajar. Hal ini tampak dari cara membaca al-Qur’an siswa masih terburuburu dan tidak sesuai dengan tajwid dan makkhorijul huruf. Disinilah guru dituntut untuk melatih siswa-siswi agar dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan tajwid dan makkhorijul huruf. Hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti mengenai Penerapan Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Kelas VII A SMP Islam Al Azhar Cairo Palembang-Indonesia. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Penerapan Metode Tilawati di SMP Islam Al Azhar Cairo Palembang Indonesia?,2) Bagaimana kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VII A di SMP Islam Al Azhar Cairo Palembang Indonesia sebelum diterapkan metode tilawati?, 3) Bagaimana kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VII A di SMP Islam Al Azhar Cairo Palembang Indonesia setelah diterapkan metode tilawati? Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan pada suatu penelitian yang benarbenar dilakukan. Sampel dalam penelitian ini penulis mengambil kelas VII A yang berjumlah 26 siswa dengan melihat kemampuan siswa membaca alquran sebelum dan sesudah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan tes . Untuk tes analisa data, penulis menggunakan TSR. Berdasarkan hasil analisis uji TSR dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca AlQur’an Di Kelas VII A SMP Islam Al Azhar Cairo Palembang-Indonesia saat prestest memiliki rata-rata nilai nilai tinggi ada 9 orang siswa (34%), nilai sedang ada 14 siswa (54%), dan nilai rendah ada 3 orang siswa (12%). Kemudian diadakan posttest setelah diberikan perlakuan sebanyak 2 kali pertemuan (treatment) dengan rata-rata nilai posttest nilai tinggi 15 orang ( 58%), sedang 7 orang siswa ( 27 % ), dan rendah 4 orang siswa ( 15 % ). Tes diberikan pada saat pretest dan posttest sama dengan Penilaian yang diambil pada tes lisan ini mencakup bacaan Al-Quran makhraj, tajwid dan kelancaran membaca. Dengan demikian Hipotesis Nihil (Ho) yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara kemampuan membaca Al Qur’an siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode tilawati di kelas VII A SMP Islam Al Azhar Cairo Palembang Indonesia tidak diterima / ditolak. Dan Hipotesis Alternatifnya (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca AlQur’an
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:49
Last Modified: 27 Jan 2020 02:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6059

Actions (login required)

View Item View Item