PENGARUH METODE DOUBLE MOVEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADITS DI MTs N 1 PALEMBANG

KESUMA, ULFA (2019) PENGARUH METODE DOUBLE MOVEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADITS DI MTs N 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (959kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Metode Double Movement merupakan cara penafsiran Al-Qur’an yang ditempuh melalui dua gerakan (langkah). Langkah pertama, seseorang harus memahami arti atau makna dari suatu pernyataan dengan mengkaji situasi atau problem historis di mana pernyataan Al-Qur’an tersebut merupakan jawabannya. Langkah kedua adalah menggeneralisasi jawaban-jawaban spesifik tersebut dan menyatakan sebagai pernyataan-pernyataan yang memiliki tujuan-tujuan moralsosial. Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits merupakan mata pelajaran penting yang berkaitan dengan pelajaran mengenai dasar hukum dan kaidah-kaidah dalam menjalankan kehidupan beragama. Pentingnya mempelajari dan mengamalkan AlQur’an dan Hadits supaya terbetuk menjadi pribadi muslim. Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan siswa sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits merupakan mata pelajaran penting yang berkaitan dengan pelajaran mengenai dasar hukum dan kaidah-kaidah dalam menjalankan kehidupan beragama. Pentingnya mempelajari dan mengamalkan AlQur’an dan Hadits supaya terbetuk menjadi pribadi muslim. Mata pelajaran AlQur’an dan Haditst pada Madrasah Tsanawiyah memiliki tiga karakteristik, yaitu: membaca, menerjemah (menafsirkan), menerapkan isi kandungan ayat/Haditst yang merupakan unsur pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode double movement di MTs N 1 Palembang, bagaimana hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MTs N 1 Palembang, adakah pengaruh metode double vovement terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Dan Hadits Di MTs N 1 Palembang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif yang menggunakan teknik analisa statistik sederhana yaitu menggunakan rumus Prosentase dan teknik analisis product moment. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 345 siswa diambil dengan teknik Random Sampling maka sampel berjumlah 35 siswa. Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bisa dilihat analisis data yaitu nilai korelasi perhitungan rxy sebesar 0,78 angka indeks korelasi yang diperoleh tidak bertanda negatif, dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel x dan variabel y, selanjutnya rxy yang diperoleh yaitu 0,78 terletak antara 0,70-0,90. Berdasarkan perhitungan di atas, α = 0,05 dan n = 35, uji satu pihak: Dk = n – 2 = 35–2 = 33 sehingga diperoleh ttabel = 1,692. Ternyata thitung > ttabel yaitu 5,72 > 1,692, maka H0 ditolak, artinya Terdapat pengaruh yang signifikan antara Metode Double Movement Dengan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadits di MTs N 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Double Movement merupakan cara penafsiran Al-Qur’an yang ditempuh melalui dua gerakan (langkah).
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:53
Last Modified: 27 Jan 2020 02:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6068

Actions (login required)

View Item View Item