IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 TANJUNG TEBAT

MARLIZAH, TITI (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 TANJUNG TEBAT. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 1.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi BAB V dan daftar pustaka.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi nilai-nilai akhlakul karimah siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Tebat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang implementasi nilai-nilai akhlakul karimah siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Tebat, Untuk mengetahui apa saja upaya sekolah untuk mendorong siswa agar menerapkan akhlakul karimah di SMA Negeri 1 Tanjung Tebat Untuk mengetahui apa saja faktor yang mendukung dan menjadi kendala dalam upaya sekolah mendorong siswa mengimplementasikan akhlakul karimah di SMA Negeri 1 Tanjung Tebat oleh para siswa. Akhlakul karimah merupakan cakupan moralitas atau perilaku yang baik pada setiap individu dalam melakukan aktivitasnya. Akhlakul karimah atau tingkah laku seseorang adalah sikap seseorang yang dimanifestasikan ke dalam perbuatan atau tidak tidak tercermin dalam perilakunya sehari-hari, dengan perkataan lain kemungkinan adanya kontradiksi antara sikap dan tingkah laku. Oleh karena itu meskipun secara teoritis hal itu terjadi atau kalaupun itu terjadi menurut ajaran islam itu termasuk iman yang rendah Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gambaran implementasi nilai-nilai akhlakul karimah siswa SMA Negeri 1 Tanjung Tebat yakni nilai religius, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai mandiri, nilai tanggung jawab adapun upaya sekolah untuk mendorong siswa agar menerapkan akhlakul karimah yakni pelaksanaan membaca doa sebelum dan sesudah pelajaran, melaksanakan shalat Dhuhur secara berjamaah, berjabat tangan dan mengucapkan salam. Sedangkan faktor yang mendukung dalam upaya sekolah mendorong siswa mengimplementasikan nilai akhlakul karimah, faktor pendukungnya adalah keteladanan kepala sekolah dan guru, tersediannya sarana dan prasarana, adanya kerja sama yang baik antara guru dan pengurus OSIS, faktor penghambatnya adalah belum semua pihak sekolah dapat memberi contoh, jam pelajaran belum cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: implementasi nilai-nilai akhlakul karimah
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Jan 2020 03:27
Last Modified: 27 Jan 2020 03:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6080

Actions (login required)

View Item View Item