PENGARUH METODE QIRO’ATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MA’HAD AL-JAMI’AH ALY AL-FIKRI UIN RADEN FATAH PALEMBANG

ALVIONITA, WINDA (2019) PENGARUH METODE QIRO’ATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MA’HAD AL-JAMI’AH ALY AL-FIKRI UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 dan daftar pustaka.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu : (1) Bagaimana penerapan metode Qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an pada Mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah Ali Al-Fikri UIN Raden Fatah Palembang? (2) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an pada Mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah Ali AlFikri UIN Raden Fatah Palembang? (3) dan Adakah pengaruh metode Qiro’ati terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an Mahasantri di Ma’had Al-Jamiah Ali Al-Fikri UIN Raden Fatah Palembang? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an pada mahasantri, Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an Mahasantri, dan Untuk mengetahui pengaruh metode Qiro’ati terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an Mahasantri. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Mahasantri yang berjumlah 170 Mahasantri, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 25 Mahasantri. Data diperoleh dengan angket (keusioner), tes, dan dokumentasi. Terlebih dahulu data disimpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Rumus Mean, Standar Deviasi, TSR, kemudian mencari koefisien regresi linier sederhana dengan menguji validitas, uji reliabilitas serta menganalisis uji Hipotesis (Uji T) dengan perhitungan SPSS 21. Berdasarkan hasil yang diperoleh melalui perhitungan TSR penerapan metode Qiro’ati maka dapat disimpulkan dari mahasantri berjumlah 25 orang memperoleh 10 responden termasuk kategori tinggi dan mencapai 40% frekuensi dengan standar deviasi 3,47. Kemudian dari hasil perhitungan TSR kemampuan membaca Al-Qur’an berjumlah 25 orang Mahasantri memperoleh 12 responden termasuk kategori sedang dan mencapai 48% frekuensi dengan standar deviasi 4,9. Dan diperoleh pula perhitungan nilai berdasarkan pengaruh penerapan metode Qiro’ati terhadap kemampuan membaca AlQur’an melalui analisis uji t menggunakan bantuan computer SPSS 21 memperoleh hasil data dengan rincian 7.241>2.068 pada taraf signifikan 1% maupun taraf 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode qiro’ati kemampuan membaca al-qur’an
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Jan 2020 03:46
Last Modified: 27 Jan 2020 03:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6081

Actions (login required)

View Item View Item