PERAN KEGIATAN ROHANI ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KELEKAR

ZILFITRI, LAYA (2018) PERAN KEGIATAN ROHANI ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KELEKAR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Kegiatan Rohani Islam dalam Membentuk Perilaku Keagamaan Siswa di SMAN 1 Kelekar”. Rumusan masalah dalam Skripsi ini adalah : 1). Bagaimana peranan Rohis dalam membentuk perilaku keagamaan siswa di SMAN 1 Kelekar, 2). Bagaimana dampak pelaksanaan program Rohis terhadap perilaku keagamaan siswa di SMAN 1 Kelekar, 3). Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk perilaku keagamaan siswa di SMAN 1 Kelekar. Metodelogi dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan deskriptif Kualitatif. Sumber data primer dan skunder. Data primer yaitu data pokok yang langsung dari informan, data sekunder adalah data pendukung dari buku, kepustakaan dan yang berkaitan dengan penelitian. metode Pengumpulan data yaitu menggunakan: 1) observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Sedangkan Teknik Analisis data dengan cara: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 4) verifikasi data. Hasil penelitian dari peran kegaiatan Rohis dalam membentuk perilaku keagamaan siswa yaitu memiliki tiga peran 1) sebagai lembaga Keagamaan, 2) sebagai lembaga dakwah, 3) sebagai lembaga Pendidikan. Hal ini diwujudkan melalui kegiatan Rohis adapun bentuk kegiatannya yaitu: a) kegiatan BTA, Tadarus Al-Qur’an, Infaq setiap hari Jum’at, sholat dzuhur berjamaah, dan pembacaan surat Yasin bersama, berbuka puasa di bulan Ramadhan, peringatan hari besar Islam, dan kegiatan perlombaan keagamaan. Seain itu ada juga dampak dari pelaksanaan kegiatan rohis yaitumemilikidampak positif dan negatif, dengan mengikuti kegiatan yang diadakan oleh rohis siswa menjadi lebih rajin dalam melakukan ibadah dan juga tingkat kesadaran siswa akan pentingnya berbagi dengan sesama/orang yang membutuhkan semakin meningkat dan juga perilaku siswa di SMAN 1 Kelekar mengalami perubahan yang sangat baik hal ini bisa dilihat dari tingkat kesopanan dan disiplin siswa yang berubah menjadi baik, dan dampak negatifnya adalah mengurangi waktu belajar siswa di sekolah maupun di rumah, menguras stamina karena waktu istirahat mereka digunakan untuk mengikuti kegiatan rohis. Faktor pendukung dalam pembentukan perilaku keagamaan siswa adalah, Faktor pendukung: 1) faktor Internal yaitu, Kebutuhan manusia,Adanya dorongan dalam diri manusia untuk taat. 2) faktor eksternal yaitu, a) Lingkungan Keluarga karena keluarga merupakan lapangan atau tempat pendidikan pertama dan pendidiknya adalah orang tua, b) lingkungan sekolah, lingkungan sekolah adalah lembaga pendidikan lanjutan dari keluarga, c) lingkungan mayarakat, merupakan lapangan pendidikan yang ketiga dari keluarga dan sekolah, karena pengaruh dari lingkungan masyarakan sangat berpengaruh juga terhadap pembentukan perilaku keagamaan bagi seseorang.Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan agar kepala sekolah membuat buku pedoman tentang prosedur dan konsekwensi pelanggaran terhadap tata tertib siswa, perlu adanya kerja sama pihak sekolah dan orang tua siswa dalam upaya membina akhlak dan perilaku keaamaan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: peran kegiatan rohani islam membentuk perilaku keagamaan siswa
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 28 Jan 2020 07:48
Last Modified: 28 Jan 2020 07:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6090

Actions (login required)

View Item View Item