ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR ANAK TUNA GRAHITA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLB WARAQIL JANNAH KEC.X KOTO PANINJAUAN SUMATERA BARAT

YARMELI, YARMELI (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR ANAK TUNA GRAHITA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLB WARAQIL JANNAH KEC.X KOTO PANINJAUAN SUMATERA BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi hasil belajar anak tunagrahita dan tunagrahita ganda pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SLB Waraqil Jannah Kec. X Koto Paninjauan Sumatera Barat. Penelitian hanya terfokus pada tiga faktor yang pertama faktor jenis disabilitas,faktor tingkat inteligensi dan faktor motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Sampel pada penelitian ini berjumlah 29 orang anak tunagrahita dan tunagrahita ganda. Sumber data primer yaitu data yang dikumpulkan sendiri oleh peneliti dari sumber data pertama atau tempat objek penelitian dilakukan. Data yang telah diperoleh melalui dokumentasi dan angket terlebih dahulu dikumpulkan, kemudian direkapitulasi dan dianalisis dengan metoda-metoda statistik yaitu dengan rumus kai kuadrat untuk melihat dan mengukur perbandingan persentase pengaruh jenis disabilitas, dan Analisis Regresi Linear untuk mengukur tingkat inteligensi dan motivasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan: (1)Dengan nilai interprestasi menggunkan tabel Kai Kuadrat df = N-Nr = 29-2 =27 dan taraf signifikansi 5% diperoleh dari tabel Kai Kuadrat sebesar 40,113, sedangkan pada taraf signifikansi 1% diperoleh dari tabel Kai Kuadrat sebesar 46,963. Maka diketahui bahwa harga Kai Kuadrat jauh lebih kecil pada tabel signifikansi 5% maupun 1% atau 40,113<1,19255<46,963. Sehingga hipotesa Nol (H0) diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar anak tunagrahita dan tunagrahita ganda (2) Dari perhitungan diatas F_hitung=15,83443 ≥F_tabel=4,18, maka H0 ditolak dan Haditerima. Dengan demikian dapat dikatakan terdapat pengaruh Inteligensi anak Tuna Grahita terhadp hasil belajar Pendidikan Agama Islam. (3) Dari perhitungan diatas F_hitung=0,374305 <F_tabel=4,18, maka Ha ditolak dan H0diterima. Dengan demikian dapat dikatakan tidak terdapat pengaruh Motivasi Belajar anak Tuna Grahita terhadp hasil belajatr Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar anak tuna grahita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 29 Jan 2020 04:52
Last Modified: 29 Jan 2020 04:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6121

Actions (login required)

View Item View Item