KONSEP BIRRUL WALIDAIN DAN IMPLIKASINYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK (TELAAH SURAH MARYAM AYAT 41-48 MENURUT TAFSIR AL-MISBAH)

SARI, JUWITA PUSPITA (2020) KONSEP BIRRUL WALIDAIN DAN IMPLIKASINYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK (TELAAH SURAH MARYAM AYAT 41-48 MENURUT TAFSIR AL-MISBAH). Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I .pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang konsep birrul walidain dan implikasinya dalam membentuk karakter peserta didik yang terdapat pada Al-Qur’an surat Maryam ayat 41-48 menurut tafsir Al-Misbah. Kajian ini dilatarbelakangi karena seiring dengan perkembangan zaman, manusia semakin menjauh dari nilai-nilai al-Qur’an. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab merosoknya akhlak pada kalangan remaja, terutama akhlaknya kepada orang tua. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep birrul walidain dalam al-Qur’an surat Maryam ayat 41-48 dan mengetahui implikasi konsep birrul walidain dalam membentuk karakter peserta didik menurut surat Maryam ayat 41-48 pada tafsir al-Misbah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah metode tafsir tahlili. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa Terdapat dua konsep birrul walidain dalam Al-Qur’an surat Maryam ayat 41-48 yaitu konsep kejujuran dimana surat Maryam ayat 41 menggambarkan sosok Nabi Ibrahim memiliki sikap jujur dalam membenarkan sesuatu yang datang dari Allah Swt yang timbul dari adanya keimanan yang mendalam, dan konsep lemah lembut dan menyayangi orang tua yaitu Nabi Ibrahim a.s tetap mengutamakan sikap lemah lembut dan berbakti kepada orang tuanya meskipun orang tuanya membalas perkataan tersebut dengan kasar dan pengingkaran. Implikasi konsep birrul walidain dalam membentuk karakter peserta didik yaitu menanamkan karakter kejujuran, dan menanamkan karakter rasa kasih sayang, sikap hormat serta sopan santun kepada orang tua. Metode pendidikan yang terdapat dalam surat Maryam ayat 41-48, yaitu metode kisah, metode qudwah (teladan), metode hiwar (dialog), dan metode targhib wa tarhib (penghargaan dan hukuman).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: konsep birrul walidain membentuk karakter peserta didik telaah surah maryam ayat 41-48 tafsir al-misbah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 29 Jan 2020 04:53
Last Modified: 29 Jan 2020 04:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6123

Actions (login required)

View Item View Item