PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI PADA MATERI HARI KIAMAT DI KELAS XII SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NURUL IMAN PALEMBANG

MERIKAYANA, ROSI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI PADA MATERI HARI KIAMAT DI KELAS XII SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NURUL IMAN PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang terjadi pada saat ini hanyalah memacu kemampuan peserta didik untuk menghafal informasi secara langsung, masih terdapat guru yang menggunakan pembelajaran konvensional, yakni masih menggunakan pendekatan yang berpusat pada guru, akibatnya siswa kurang berperan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Berkaitan dengan masalah ini, maka diperlukan suatu upaya yang nyata untuk menggunakan model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan siswa untuk lebih mudah memahami suatu materi pelajaran sesuai dengan pemahaman mereka sendiri. Salah satu model pembelajaran itu adalah model pembelajaran two stay two stray, dalam proses pembelajaran ini siswa dituntut untuk berbagi informasi dengan teman-teman yang lain, dan siswa juga diarahkan untuk belajar dengan menggunakan pola pikir siswa masing-masing agar mengurangi rasa bosan/jenuh pada saat proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru saat dikelas. Adapun yang menjadi rumusan Masalah dalam penelitian ini : (1) Bagaimana hasilbelajar Siswa Kelas Kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran tipe two stay two stray pada mata pelajaran PAI Materi Hari Kiamat di kelas XII SMA Nurul Iman Palembang?;(2) Bagaimana hasil belajar Siswa Kelas Eksperimen yang menggunakan model pembelajaran tipe two stay two stray pada mata pelajaran PAI Materi Hari Kiamat di kelas XII SMA Nurul Iman Palembang?; (3)Adakah perbedaan hasil belajar Siswa Kelas Kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran tipe two stay two stray dan Kelas Eksperimen yang menggunakan model pembelajaran tipe two stay two stray pada mata pelajaran PAI Materi Hari Kiamat di kelas XII SMA Nurul Iman Palembang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa PAI pada materi Hari Kiamat di kelas XII SMA Nuru Iman Palembang. penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan Posstest-Only Control Design dengan jenis data yang digunakan adalah jenis data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Nurul Iman Palembang dan sampelnya juga adalah XII IPS untuk kelas eksperimen dan XII IPA untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dokumentasi dan tes. Untuk menguji kebenaran hipotesis data yang telah diperoleh dari hasil post-test peneliti menggunakan rumus uji t pada taraf signifikansi 5% dan 1%. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe two stay two stray dalam meningkatkan hasil belajar siswa PAI pada materi Hari Kiamat di kelas XII SMA Nurul Iman Palembang yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran two stay two stray dan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran two stay two stray. Hal ini terbukti dengan rumus uji t pada soal test di kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitungsebesar 2,94. Kemudian dikonsultasikan dengan harga ttabel dengan df = (n1+ n2)-2= (34+34)-2= 66 dengan taraf signifikan 5% yaitu 2,00 dan pada taraf signifikan 1% yaitu 2,65. Setelah dikonsultasikan ternyata thitung >ttabel atau 2,00<4,90>2,65 hal ini berarti Ho ditolakHa diterima. Berdasarkan perhitungan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran two stay two stray memberikan pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hari Kiamat di kelas XII SMA Nurul Iman Palembang. untuk itu disaran penggunaan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, penggunaan model pembelajaran two stay two stray terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning two stay two stray hasil belajar pai materi hari kiamat
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 30 Jan 2020 07:03
Last Modified: 30 Jan 2020 07:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6137

Actions (login required)

View Item View Item