HUBUNGAN ANTARA KESADARAN BERAGAMA DENGAN SIKAP KEBERAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK DI SMA NURUL IMAN PALEMBANG

WAHYUNI, ARI (2018) HUBUNGAN ANTARA KESADARAN BERAGAMA DENGAN SIKAP KEBERAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK DI SMA NURUL IMAN PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dengan judul: Hubungan antara Kesadaran Beragama dengan Sikap Keberagamaan Pada Peserta Didik di SMA Nurul Iman Palembang. Permasalahan dalam skripsi ini adalah peserta didik masih kurang yang tergerak untuk shalat dzuhur tepat waktu di musholah sekolah ketika jam istirahat, bahkan ada yang tidak menunaikan shalat sama sekali. Padahal ajaran agama menyarankan agar umat Islam menunaikan shalat fardhu di awal waktu karena terdapat banyak faedahnya dan mewajibkan setiap kaum muslim untuk menunaikan shalat fardhu jika sudah akhir baligh. Adapun manfaat dari pendalaman akan ajaran agama tersebut salah satunya menyebabkan munculnya rasa, perilaku dan sikap keberagamaan yang baik dengan selalu berusaha menjalankan perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Hubungan antara Kesadaran Beragama dengan Sikap Keberagamaan pada Peserta Didik di SMA Nurul Iman Palembang. Selanjutnya, jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Pada penelitian ini yang menjadi sampel adalah 70 orang peserta didik. Sedangkan alat pengumpul datanya adalah observasi, dokumentasi dan angket. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam yaitu data primer adalah pihak yang terkait yaitu peserta didik yang berjumlah 70 orang, sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumentasi seputar SMA Nurul Iman Palembang dan kegiatan keagamaan di dalamnya. Hasil dari penelitian ini yaitu: pertama, tingkat kesadaran beragama pada peserta didik di SMA Nurul Iman Palembang dikategorikan sedang, terbukti dari 70 peserta didik sebagai responden terdapat 70 orang atau 100% menyatakan sedang. Kedua, tingkat sikap keberagamaan pada peserta didik di SMA Nurul Iman Palembang tergolong sedang, karena hal ini terbukti dari 70 orang peserta didik yang menjadi responden terdapat 69 orang atau 98,57% yang menyatakan sedang, karena kesadaran beragama memberikan kontribusi terhadap sikap keberagamaan sebesar 47,3%. Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara kesadaran beragama dengan sikap keberagamaan pada peserta didik di SMA Nurul Iman Palembang, dengan perhitungan hasil korelasi product moment sebesar 0,69 jika dikonsultasikan dengan tabel distribusi r (r tabel) maka pada taraf signifikansi 5% adalah 0,231 dan pada taraf 1% sebesar 0,195. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (ha) pada penelitian ini diterima dan hipotesis nol (ho) ditolak. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara kesadaran beragama dengan sikap keberagamaan pada peserta didik di SMA Nurul Iman Palembang mempunyai hubungan yang signifikan. Hal ini dapat dikatakan bahwa kesadaran beragama mempunyai hubungan yang positif dengan sikap keberagamaan pada peserta didik di SMA Nurul Iman Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kesadaran beragama sikap keberagamaan
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:54
Last Modified: 03 Feb 2020 04:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6180

Actions (login required)

View Item View Item