HUBUNGAN INTELLIGENCE QUOTIENT DENGAN KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PAI ANGKATAN 2015 UIN RADEN FATAH PALEMBANG

ALHANIF, M ABDUH (2017) HUBUNGAN INTELLIGENCE QUOTIENT DENGAN KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PAI ANGKATAN 2015 UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Hubungan Intelegent Quetient dengan Kesulitan Belajar Mahasiswa PAI Angkatan 2015 UIN Raden Fatah Palembang”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang sering muncul setelah adanya test IQ intelegent quetient baik di tingkat sekolah atau universitas karna sedikit sekali yang memahami pentingnya hasil test IQ. Perubahan kecerdasan tersebut dapat dikontrol melalui perubahan skor setiap kali mengikuti test IQ yang menunjukan peningkatan kecerdasan berpikir. Di samping itu hasil test kecerdasan itu hanya menjadi dokumen pribadi peserta didik padahal itu akan berguna untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana intelegent quetient mahasiswa PAI angkatan 2015 UIN Raden Fatah Palembang? bagaimana kesulitan mahasiswa PAI angkatan 2015 UIN Raden Fatah Palembang? apakah terdapat hubungan yang signifikan antara intelegent quetient (IQ) dengan kesulitan belajar mahasiswa di program studi PAI UIN Raden Fatah Palembang? tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui IQ intelegent quetient mahasiswa PAI angkatan 2015, untuk mengetahui Kesulitan belajar mahasiswa PAI di UIN Raden Fatah Palembang, untuk mengetahui hubungan antara intelegent quetient (IQ) dengan kesulitan belajar mahasiswa di program studi PAI UIN Raden Fatah Palembang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Sumber data primer adalah hasil test psikologi yakni IQ dari mahasiswa sebagai sampel penelitian. Sedangkan sumber data sekunder adalah tenaga administrasi, buku-buku dan dokumentasi Universitas. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di program studi PAI angkatan 2015. Sedangkan sampel penelitian ini adalah mahasiswa PAI 1 yang berjumlah 30. Data diperoleh dengan metode wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus mean, standar deviasi, TSR dan persentase, serta Product Moment. Hasil penelitian ini adalah : pertama, (IQ) intelegent quetient mahasiswa PAI angkatan 2015 UIN Raden Fatah Palembang dikategorikan sedang dikategorikan karena dari 30 responden 24 responden (80 %) yang sedang, 1 responden (3 %) yang tinggi dan ada 5 responden ( 17 %) yang rendah. Kedua, kesulitan belajar mahasiswa prodi PAI UIN Raden Fatah Palembang dikategorikan sedang atau cukup baik karena dari 30 responden terdapat 16 responden (53,33 %) yang menjawab sedang, 8 responden (26,66%) yang menjawab tinggi dan ada 6 responden (20 %) yang menjawab rendah. Ketiga, Ada hubungan yang signifikan antara intelegent quetient (IQ) dengan kesulian belajar mahasiswa PAI UIN Raden Fatah Palembang. Berdasarkan hasil analisa statistik bahwa “r” tabel (Product Moment) 0,515 lebih besar dari pada “r” hitung baik pada taraf signifikasi 5% (0,374) maupun pada taraf signifikasi 1 % (0,478).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: intelligence quotient kesulitan belajar
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 04 Feb 2020 01:03
Last Modified: 04 Feb 2020 01:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6181

Actions (login required)

View Item View Item