PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE BOWLING KAMPUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTs MUHAMMADIYAH LEBUNG ITAM KECAMATAN TULUNG SELAPAN

SARI, BERENDA PERMATA (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE BOWLING KAMPUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTs MUHAMMADIYAH LEBUNG ITAM KECAMATAN TULUNG SELAPAN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul, Pengaruh penerapan model pembelajaran tipe Bowling Kampus terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Muhammadiyah Lebung Itam Kecamatan Tulung Selapan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru cendrung memakai metode yang sama, banyak siswa belum aktif, penggunaan metode masih kurang menari, siswa yang belum berani bertanya, penerapan metode baru, apresiasi siswa maupun guru terhadap pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen yang diterapkan dan tidak diterapkan metode Bowling Kampus dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model Pembelajaran tipe Bowling Kampus terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Muhammadiyah Lebung Itam Kecamatan Tulung Selapan. Metodologi yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kualitatif berjenis pre-ekperimental disegn dengan pola one group postest. Data diperoleh dari observasi, tes posttest, wawancara, serta dokumentasi, sampel yang digunakan adalah kelas VIII berjumlah 55 siswa. Teknik yang digunakan adalah teknik analis uji normalitas, homogenitas, dan uji t-Tes. Teknik yang digunakan adalah teknik analis uji to. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dari analisis data terdapat perbedaan signifikan dari kelas VIII.A (kelas kontrol) dan VIII.B (kelas eksperimen). Dapat melihatnya dengan hipotesis to= 4,28 lebih tinggi dari tt (baik pada taraf signifikan 5% = 2,00 dan 1%=2,67 ), melalui kiraan 2,00 < 4,28 > 2,67, maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berarti hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran tipe Bowling Kampus terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Muhammadiyah Lebung Itam Kecamatan Tulung Selapan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran active learning tipe bowling kampus hasil belajar ski
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 05 Feb 2020 02:20
Last Modified: 05 Feb 2020 02:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6187

Actions (login required)

View Item View Item