Pengaruh “Couched Peer Feedback” melalui Interaksi Tatap Muka dan Interaksi Online pada Kemampuan Menulis Siswa dan Keterikatan Mereka terhadap Aktivitas Pembelajaran

Lenny Marzulina, M.Pd, Lenny (2018) Pengaruh “Couched Peer Feedback” melalui Interaksi Tatap Muka dan Interaksi Online pada Kemampuan Menulis Siswa dan Keterikatan Mereka terhadap Aktivitas Pembelajaran. Hj. Lenny Marzulina,M.Pd, RAFAHPRESS. ISBN 978-602-5685-72-9

[img]
Preview
Text (Buku)
Pengaruh Couched Peer Feetback.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review)
Pengaruh Couched Peer Feedback.pdf

Download (934kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Uji SImilirity)
Pengaruh _Couched Peer Feedback_ Melalui Interaksi Tatap Muka dan Interaksi Online pada Kemampun Menulis Siswa dan Keterikatan Mereka Terhadap Aktivitas Pembelajaran.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode pembelajaran menulis bernama Couched Peer Feedback melalui interaksi tatap muka di dalam kelas dan melalui interaksi online menggunakan Facebook terhadap kemampuan menulis siswa ditinjau dari tingkatan kecemasan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kelas menulis di UIN Raden Fatah Palembang. Metode Mixed Method dipergunakan sebagai metode penelitian untuk mengumpulkan data penelitian. Data kuantitatif diperoleh dari respon jawaban siswa terhadap kuesioner dengan skala Likert untuk menentukan tingkatan kecemasan siswa dalam menulis dan juga dari hasil nilai keterampilan menulis mereka. Selain itu, data kualitatif data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Hasil nilai menulis dianalisa dengan menggunakan formula statistika bernama Two Way ANOVA. Selanjutnya data observasi dan wawancara ditranskripsi dan dianalisis dengan menggunakan analisis tematik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa; pertama, perbedaan penggunaan metode pembelajaran menulis memiliki pengaruh yang berbeda terhadap kemampuan menulis siswa. Selanjutnya, perbedaan tingkat kecemasan siswa juga membawa pengaruh yang berbeda pada keterampilan menulis siswa. Kemudian, tidak ditemukan adanya interaksi antara penerapan metode menulis siswa, tingkat kecemasan dengan kemampuan menulis siswa. Terakhir, siswa menunjukkan pola keterlibatan dalam proses pembelajaran yang bervariasi baik dari aspek tingkah laku, afektif dan kognitif.

Item Type: Book
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with email uin@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2020 03:08
Last Modified: 07 Feb 2020 15:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6210

Actions (login required)

View Item View Item