MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN JAMI’ATUL QURRO’ PALEMBANG

AGUNG, KUNIAWAN (2014) MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN JAMI’ATUL QURRO’ PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hal. Depan Tesis ijunk.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis ini berjudul anajemen Pendidikan Pondok Pesantren Al-Qur’an Jami’atul Qurro’ Palembang, hal ini dilatar belakangi oleh keadaan manajemen pondok pesantren yang semakin hari, semakin banyak persaingan, oleh karena itu rumusan masalahnya adalah: Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pendanaan pendidikan yang diterapkan Pondok Pesantren Al-Qur’an Jami’atul Qurro’ Palembang. Dengan deikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pendanaan pendidikan yang diterapkan Pondok Pesantren Al-Qur’an Jami’atul Qurro’ Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, yakni mendeskripsikan permasalahanpermasalahan yang diteliti dengan pendekatan studikasus. Sedangkan teknik pengumpulan datanya yaitu dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara (interview) melalui informan penelitian yang telah ditetapkan yang terdiri dari mudir (pimpinan) Pondok Pesantren Al-Qur’an Jami’atul Qurro’, pengurus pesantren, tenaga pengajar dan beberapa santri. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan dan menguraikan tentang perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi dan pendanaan pendidikan yang diterapkan Pondok Pesantren AlQur’an Jami’atul Qurro’ Palembang. Dari analisis data penelitian dalam tesis ini menemukan bahwa (1) Perencanaan pendidikan yang diterapkkan dibuat oleh bidang-bidang yang telah di tentukan oleh mudir pesantren. Dalam pelaksanaan perencanaan pendidikan pondok pesantren alQur’an jami’atul qurro’ yang dibuat oleh masing-masing bidang belum sepenuhnya berjalan dengan baik (2) Pelaksaan pendidikan yang diterapkkan Pondok Pesantren AlQur’an Jami’atul Qurro’ tidak hanya pendidikan tilawah dan tahfidz saja akan tetapi ada beberapa metode yang diterapkan PPAJQ diantaranya sebagai berikut: Menerapkan pendidikan formal di luar pondok, Memberlakukan pendidikan non formal, pendidikan Asrama (boarding School), memberikan pendidikan keterampilan, memberlakukan Pendidikan sepanjang hari, penerapan kurikulum pesantren (3) Pengawasan pendidikan Pesantren Al-Qur’an Jami’atul qurro’ dilakukan secara keseluruan hanya saja mudir pesantren yang mengontrol langsung jalannya program yang telah direncanakan dan dibantu dengan dewan asatidz. (4) Pendanaan pendidikan PPAJQ bersumber dari SPP, donatur, penjualan album hadroh an-Nahla dan pemerintah setempat. Berdasarkan temuan diatas, peneliti menyarankan bagi peneliti selanjutnya untuk memfokuskan pada pengawasan pendidikan di PPAJQ, bagi pondok pesantren hendaknya selalu meningkatkan manajemen pendidikan yang ada, bagi kementrian agama harus tanggap dan ikut serta membekali seluruh pesantren dengan memberikan pendidikan manajemen.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2014
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 10 Feb 2020 02:57
Last Modified: 10 Feb 2020 02:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6251

Actions (login required)

View Item View Item