MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-FURQON PALEMBANG

Andi, Idham (2014) MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-FURQON PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Tesis Andi Idham 2015 BARU (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Manajemen adalah seni menata, menggerakkan pribadi atau kelompok untuk mencapai tujuan yang sama, SDIT Al-Furqon mempunyai perkembangan yang cukup bagus, sehingga dari tahun ke tahun peminat orang tua semakin banyak, dan prestasi siswanyapun cukup membanggakan baik ditingkat kota bahkan sampai nasional. Sementara ada sekolah yang lain perkembangannya cukup lamban dan bahkan nyaris tidak berkembangan. Apa yang kelebihan dari SDIT Al-Furqon, maka dari itu penulis ingin mengetahui Bagaimana Manajemen Kurikulum SDIT Al-Furqon Palembang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan metode deskriptif kualititif melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang diambil bersifat dapat primer dan data skunder. Data primer adalah kurikulum, guru dan metode pembelajaran SDIT Al-Furqon. sedangkan data sekunder adalah data yang bersifat mendukung dari penelitian ini, seperti data sarana dan prasarana, data siswa dan lain sebagainya yang dianggap perlu. Dari permasalahan penelitian ini penulis merumuskan masalahnya untuk mengetahui: kurikulum SDIT Al-Furqon, Guru SDIT Al-Furqon dan Metode Pembelajaran SDIT Al-Furqon. dari hasil penelitian penulis menarik ke dalam sebuah kesimpula dengan menggunakan teknik deduktif ke induktif. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: Konsep kurikulum SDIT Al-Furqon adalah perpaduan kurikulum Nasional, Kurikulum Muatan Lokal dan Muatan Keagamaan. Sehingga kegitanya ini diterpadukan kedalam sistem pembelajaran terpadu antara ilmu umum dengan Ilmu keagamaan. Di samping kurikulum SDIT Al-Furqon mengemas program pembelajaran pengembangan diri dengan Ekstrakurikuler, selain itu untuk mendukung proses pembelajaran yang ada, SDIT Al-Furqon melaksanakan kegiatan pendukung dari kurikulum dan ekstrakurikuler, beraqidah lurus dan benar (Salīmul Aqīdah.), beribadah yang benar dan konsisten (shahīhul Ibādah) Berakhlak terpuji (matīnul khulūq), memiliki kemandirian yang kuat (qadīrun ‘alal kasbi), berwawasan luas dan kritis (mutsaqqoful fikri), berbadan sehat dan kuat (qowiyyul jizmi), memiliki kesungguhan yang tinggi dalam amalnya (mujāhidun li nafsihi), disiplin dan tertata dalam urusannya (munazhzhom fi su'unihi), cermat terhadap waktu (harītsun ala waqtihi), bermanfaat bagi orang lain (nāfi'un li ghoirihi). Untuk menunjang pelaksanaan kurikulum diperlukan guru yang handal dan memenuhi kriteria. SDIT Al-Furqon dalam merekrut calon guru melalui seleksi yang sangat ketat, tujuannya agar sejalan dengan visi dan misi Al-Furqon. Maka dari itu guru SDIT Al-Furqon harus memenuhi kriteria sebagai berikut: Sarjana, mampu membaca dan menulis Al-Qur’an, usia di bawah 35 Tahun, hafal dua juzz yakni 29-30, berkelakukan baik, pengalaman kerja minimal 2 tahun, penguasaan teknologi, untuk laki-laki tidak merokok, untuk perempuan berjilbab maksudnya adalah menggunakan jilbab tidak hanya di sekolah tetapi juga di luar sekolah (tidak lepas jilbab) kecuali di rumah, harus mengikuti Tata Tertib Pegawai/Guru sebagai berikut: disiplin waktu, disiplin kerja, disipin perilaku, disiplin ibadah Pendidikan di Al-Furqon secara umum adalah pendidikan yang mengacu dan mengintegrasikan nilai-nilai Islam, maka dari itu baik konsep, pelaksanaan dan evaluasinya menggunaan konsep yang Islami. Metode pembelajaran yang Terintegrasi, Pembiasaan (drill), Pendidikan kebaikan. Kurikulum SDIT Al-Furqon juga memiliki kekurangan, antara lain, dengan sistem pembelajaran full day, mungkin akan menjenuhkan siswa dalam belajar. Dan juga pembelajaran mulai dari kelas 1-6 dengan menggunakan guru bidang studi. Sehingga sedikit bertentangan dengan Kurikulum 2013 yang semua pembelajaran diasuh oleh guru kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2014
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 10 Feb 2020 03:13
Last Modified: 10 Feb 2020 03:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6252

Actions (login required)

View Item View Item