PENGELOLAAN MANAJEMEN SUMBER DAYA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH I PALEMBANG

DENY, HENDRIK (2014) PENGELOLAAN MANAJEMEN SUMBER DAYA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH I PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
01. Halaman Judul Tesis.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tesis OK (1).pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Judul Tesis “Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Guru di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah I Palembang”. Penelitian berupaya menjawab permasalahan: Pertama penerapan manajemen sumber daya guru (Perencanaan, Organisasi, Pengawasan, Evaluasi) yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Hijriah I Palembang. Kedua, faktor apa saja yang menghambat dan yang mendukung manajemen sumber daya guru di Madrasah Ibtidaiyah Hijriah I Palembang. Dari Manajemen Sumber Daya Manusia yang dimaksud adalah bagaimana manajemen sumber daya guru dikelola agar bisa menjadi seorang guru yang profesional yang tidak hanya bertugas memberikan suatu teori akan tetapi mampu mendidik siswa menjadi lebih mengarah kepada nilai-nilai yang positif dan benar-benar melibatkan siswa secara aktif, dengan demikian aktifitas siswa merasa dihargai dalam proses belajar mengajar. Jenis Penelitian yang dipakai adalah penelitian Deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif Subyek penelitian kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Guru di Madrasah Ibtidaiyah Hijriah 1 Palembang. Hasil Penelitian Pengelolaan manajemen pembinaan tenaga pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Hijriah 1 Palembang sudah cukup baik. Hal ini terbukti dalam beberapa kegiatan yang dilakukan melalui proses yang terencana antara lain sebagai berikut: Proses perencanaan dilakukan untuk mengkaji tentang apa-apa yang akan dilakukan di masa depan. Kemudian pengorganisasian dilakukan untuk kegiatan yang telah direncanakan dan siapa saja yang akan melakukannya. sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Selain itu pengawasan dilakukan oleh kepala madrasah agar semua proses kegiatan yang sedang dilakukan dapat di kontrol. Faktor-faktor yang mempengaruhi Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Guru (Tenaga Pendidik)di Madrasah Ibtidaiyah Hijriah 1 Palembang terdiri dari dua faktor yaitu: Faktor internal yaitu meliputi Motivasi kepala madrasah yang dapat membantu dan mendorong tenaga pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Hijriah 1 Palembang dalam meningkatkan proses manajemen tenaga pendidik. Hal ini juga dapat menjadikan proses manajemen akan lebih terarah. Kebijakan karena dengan memberikan kebijakan yang jelas akan menjadikan tenaga pendidik merasa nyaman namun jika kebijakan tidak dilaksanakan akan menghambat proses manajemen tenaga pendidik itulah yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyah Hijriah 1 Palembang. Faktor eksternal: Kurangnya pengetahuan guru MI Hijriyah 1 Palembang tentang teknologi computer. Usaha yang dilakukan sekolah dalam mengatasi problem di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah 1 adalah dilakukannya dan diberikan pelatihan dan pendidikan kepada para guru serta mengikutsertakan guru dalam pelatihan untuk meningkatkan kualitas guru. Dibangunnya Kerjasama antara para guru yang lain, agar terciptanya hubungan kekeluargaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2014
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 10 Feb 2020 03:39
Last Modified: 10 Feb 2020 03:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6255

Actions (login required)

View Item View Item