Evi, Irvina (2015) manajemen kesiswaan dan pelaksanaannya di SMP Negeri 2 Rambang Kuang. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
TESIS CD OK.pdf Download (274kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis ini membahas tentang manajemen kesiswaan dan pelaksanaannya di SMP Negeri 2 Rambang Kuang. Dasar pemikiran yang melatar belakangi penelitian ini yakni secara geograpis letak wilayah SMP Negeri 2 Rambang Kuang termasuk dalam wilayah daerah terpencil. Oleh karenanya penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah SMP Negeri 2 Rambang Kuang telah menerapkan konsep manajemen kesiswaan sama halnya dengan daerah-daerah yang telah maju. Manajemen kesiswaan termasuk salah satu substansi manajemen pendidikan. Karena banyak sekali persoalan yang berhubungan dengan siswa yang perlu dibenahi. Manajemen kesiswaan menduduki posisi strategis, karena sentral layanan pendidikan, baik dalam latar institusi persekolahan maupun yang berada di luar latar institusi persekolahan, tertuju kepada peserta didik. Semua kegiatan pendidikan, baik yang berkenaan dengan manajemen akademik, layanan pendukung akademuk, sumber daya manusia, sumber daya keuangan, sarana prasarana dan hubungan sekolah dengan masyarakat, senantiasa diupayakan agar peserta didik mendapatkan layanan pendidikan yang handal. Dalam tesis ini memfokuskan pada ruang lingkuo manajaemen kesiswaan dengan batasan masalah mulai dari perencanaan peserta didik, penerimaan peserta didik, orientasi peserta didik, kegiatan kemajuan belajar, evaluasi peserta didik, bimbingan dan pembinaan disiplin peserta didik, serta monitoring (Pengawasan). Dari batasan masalah tersebut, maka rumusan masalahnya adalah Bagaimana implementasi manajemen kesiswaan, dan apa factor penghambat implementasi manajemen kesiswaan di SMP Negeri 2 Rambang Kuang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kesiswaan di SMP Negeri 2 Rambang Kuang dan factor penghambat manajemen kesiswaan di SMP Negeri 2 Rambang Kuang Kabupaten Ogan Ilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi yakni melakukan pengamatan mulai dari proses perencanaan peserta didik sampai kepada bimbingan dan pembinaan disiplin siswa. Selanjutnya wawancara yakni pengumpulan data dengan menggunakan model yanya jawab atau dialog yang dikerjakan dengan sistematis guna mendapatkan data dari informan. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan siswa. Sedangkan dokumentasi juga dimulai dari perencanaan peserta didik sampai dengan bimbingan dan pembinaan disiplin siswa. Sedangkan langka dalam menganalisa data yakni langkah pertama dengan cara mereduksi, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data, maka diketahui bahwa implementasi manajemen kesiswaan di SMP Negeri 2 Rambang Kuang yang diteliti mulai dari perencanaan peserta didik, orientasi, kegiatan kemajuan belajar serta bimbingan dan pembinaan disiplin siswa sudah berlangsung sesuai dengan konsep manajemen kesiswaan. Hal ini terbukti dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan factor penghambat pelaksanaan manajemen kesiswaan di SMP Negeri 2 Rambang Kuang, yakni terbatasnya peserts didik yang mendaftar, kurang lengkap sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh pendidik dan siswa, tidak adanya guru dan ruangan khusus untuk memberikan layanan dan bimbingan konseling kepada siswa, dan pengawasan terhadap kegiatan siswa kurang bias dilakukan dengan kontinyu baik dalam pengontrolan maupun pengawasan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2015 |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 10 Feb 2020 06:29 |
Last Modified: | 10 Feb 2020 06:30 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6268 |
Actions (login required)
View Item |